Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Literasi Keuangan, dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Membangun Startup Business
DOI:
https://doi.org/10.23887/jap.v14i03.50052Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi di era digital saat ini memunculkan ide-ide bisnis kreatif dan inovatif berlatar teknologi yang sering disebut dengan startup business. Jumlah startup business di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengruh pengetahuan kewirausahaan, literasi keuangan, dan motivasi terhadap minat mahasiswa membangun startup business. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan 167 responden. Metode penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diukur menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis linier berganda dengan pengolahannya menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kewirausahaan, literasi keuangan, dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa membangun startup business.