TUGU PERJUANGAN PEMUDA DI DESA CELUKANBAWANG, GEROKGAK, BULELENG, BALI SEBAGAI MEDIA PENANAMAN NILAI NASIONALISME PADA SISWA SMA/MA

Authors

  • Ali Rausan Fikri MAN 1 Bima, Nusa Tenggara Barat

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v1i1.28758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) faktor Tugu Perjuangan Pemuda di Desa Celukanbawang dapat dijadikan media penanaman nilai nasionalisme; 2) cara memanfaatkan Tugu Perjuangan Pemuda di Desa Celukanbawang sebagai media penanaman nilai nasionalisme pada siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian adalah 1) rancangan penelitian, 2) teknik penentuan lokasi penelitian, 3) teknik penentuan informan, 4) teknik pengumpulan data, 5) teknik validasi, dan 6) teknik analisis data. Berdasarkan wawancara, observasi, studi pustaka atau dokumen di lapangan diketahui bahwa, 1) faktor Tugu Perjuangan Pemuda dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai nasionalisme adalah ada dua faktor, yakni faktor nilai dan fungsi yang terkandung pada Tugu Perjuangan Pemuda. Nilainilai yang terkandung adalah nilai patriotisme, nilai persatuan dan kesatuan, dan nilai pendidikan. Sedangkan fungsinya adalah fungsi edukatif dan fungsi inspiratif. 2) cara atau strategi memanfaatkan Tugu Perjuangan Pemuda sebagai media penanaman nilai nasionalisme pada siswa SMA/MA adalah dengan menjadikan Tugu Perjuangan Pemuda sebagai sumber dan media dalam pembelajaran sejarah.

Kata Kunci: Tugu, Media Penanaman Nilai Nasionalisme

References

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Arta, Ketut Sedana dan I Ketut Margi. 2014. Sejarah Indonesia dari Proklamasi Sampai Orde Reformasi. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press & Graha Ilmu.

Kartodirdjo, Sartono. 1982. Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia: Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Latief, Abdul. 2006. Manusia, Filsafat dan Sejarah. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.

Ricklefs. 1991. Sejarah Indonesia Modren. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Saputera, I Gusti Bagus. 2007. Merdeka Melalui Diplomasi (Perjuangan Ide Anak Agung Gde Agung). Denpasar: Yayasan Usaha Pekerja.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press.

Widja, I Gde. 1988. Pengantar Ilmu Sejarah “Sejarah dalam Perspektif Pendidikan”. Semarang: Satya Wacana.

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles