MITOS DAN MEMORI MENGACA PADA STATUS JANDA DANYANG SARWITI DAN PENGARUHNYA DI NGANJUK

Authors

  • Depy Tri Budi Siswanto
  • Latif Kusairi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v1i2.28763

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi masyarakat Desa Banjardowo, Kec. Lengkong, Kab. Nganjuk, Jawa Timur terhadap status janda seumur hidup yang akan disandang oleh seorang wanita ketika wanita tersebut menjadi janda. Pengumpulan data diawali dengan studi pustaka dan dilanjutkan dengan wawancara, perekaman, observasi dan pencatatan. Hasil penelitinan ini menunjukan kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap Danyang Desa. “Danyang” adalah sebutan untuk seorang tokoh yang dipercaya sebagai pendiri perkampungan. “Danyang” Desa Banjardowo bernama Sarwiti. Kisah Sarwiti yang menjanda sampai akhir hidupnya menjadi pangkal kultur janda seumur hidup di Desa Banjardowo. Masyarakat Desa Banjardowo menganggap status janda seumur hidup ini adalah turunan dari sang “Danyang” dan akan terlaksana jika seorang wanita menjanda. Sarwiti dipercayai masih hidup hingga sekarang dan tinggal di tempat yang bernama Ngasgunting.

Kata Kunci: Kampung Janda, Danyang, Masyarakat Banjardowo, Sarwiti

References

Baal, J. van. 1987. Sejarah dan Pertumbuhan: Teori Antropologi Budaya (Hingga Dekade 1970) (Volume 1). Jakarta: Gramedia. Data Desa Banjardowo tahun 2015. Data Desa Banjardowo tahun 2016. Endraswara, Suwardi. 2015. Etnologi Jawa: Penelitian, perbandingan, dan Pemaknaan Budaya. Yogyakarta: CAPS. Humaeni, Ayatullah. 2012. Makna Kultural Mitos dalam Budaya Masyarakat Banten. Jurnal: Antropologi Indonesia. 33(3). Iswidayati, Sri. 2007. Fungsi Mitos Dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Pendukungnya, Harmonia: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. 8(2). Jalaluddin. 2013. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Latief, M. Syahbudin. 2000. Persaingan Calon Kepala Desa di Jawa. Yogyakarta: Media Presindo. Marzuki, Tradisi Dan Budaya Masyarakat Jawa Dalam Perspektif Islam. (online). Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/260 9 diunduh 12 Mei 2016. Mulyana. 2006. Spiritualisme Jawa: Meraba Demensi dan Pergulatan Religiusitas Orang Jawa, Jurnal Kebudayaan Jawa, 1(2).

Soekanto, Soerjono dan Budi Sulistyowati. 2012. Sosiologi: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo. Sukardi, Tanto. 2014. Tanam Paksa di Banyumas: Kajian mengenai Sistem, Pelaksanaan, dan Dampak Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Suryasumantri, Jujun S. 1990. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populoer, Pustaka Sinar Harapan: Jakarta

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles