NILAI KARAKTER DALAM TRADISI ARI-ARI MEGANTUNG DI DESA BAYUNG GEDE, KINTAMANI, BANGLI, BALI

Authors

  • I Wayan Putra Yasa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v1i2.28766

Abstract

Masyarakat desa Bayung Gede yang ada di Kecamatan Kintamani, Bangli, Bali merupakan salah satu masyarakat desa Bali Aga yang memiliki tradisi daur hidup yang sangat unik yaitu Tradisi Ari-Ari Megantung. Tradisi Ari-ari Megantung dilaksanakan ketika ada bayi yang baru lahir kemudian ari-ari pembungkus bayi itu di taruh di dalam kuburan dengan cara digantung dalam sebuah batok kelapa. Tradisi ini sudah ada di desa Bayung Gede sejak keberadaan desa ini dan terus dilaksanakan secara turun temurun hingga saat ini.Tradisi ini memiliki nilai-nilai positif yang mempengaruhi kepribadian atau karakter penduduk di desa Bayung Gede sehingga mereka begitu menghargai kebudayaan dan adat yang dimilikinya.

Kata kunci: nilai, karakter, tradisi ari-ari megantung

References

Koentjaraningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Miles, MB and A.M. Huberman.2009. Analisis Data Kualitatif.T. R. Rohidi (penerjemah). Jakarta: UI Press. Mulyana,E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa,E. 2009. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sudharta, Tjok Rai.2013. Manusia Hindu Dari kandungan sampai Perkawinan.Denpasar: Pustaka Bali Post. Sulhan, N. 2010. Pendidikan Berbasis Karakter Sinergi antara Sekolah dan Rumah dalam Membentuk Karakter Anak. Surabaya: Jaringpena. Vansina, Jan. 2014. Tradisi Lisan sebagai Sejarah. Jogyakarta: Ombak. Wacik, J. 2011. Duapuluh Empat Karakter Modal Membangun Bangsa Menurut Jero Wacik. Jakarta: Kementerian Keb

udayaan dan Pariwisata.

Downloads

Published

2020-09-24

Issue

Section

Articles