PURA SIWA SILA GATRA PADANG BULIA, SUKASADA, BULELENG, BALI (SEJARAH, STRUKTUR DAN FUNGSI SERTA POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH LOKAL DI SMA)

Authors

  • Komang Gede Arya Bawa SMA K Harapan Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v2i1.28800

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) sejarah berdirinya Pura Siwa Sila Gatra di Desa Padang Bulia, Sukasada, Buleleng, Bali, (2) struktur dan fungsi Pura Siwa Sila Gatra, dan (3)potensi yang terdapat di Pura Siwa Sila Gatra di Padang Bulia yang dapat dijadikan sumber belajar sejarah di SMA. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitin sejarah meliputi:(1) Pengumpulan data (heuristic) dengan Observasi, Wawancara, dan Studi dokumen. (2) Kritik Sumber. (3) Interpretasi dan (4) Historiografi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: sejarah Pura Siwa Sila Gatra memiliki kaitan erat dengan ditaklukannya Tamblingan oleh Majapahit yang membuat masyarakat Tamblingan bermigrasi ke berbagai daerah. Struktur Pura Siwa Sila Gatra menggunakan konsep dwi mandala yaitu jeroan dan jaba sisi. Fungsi Pura Dalem Jawa yaitu (1) fungsi religius, (2) fungsi sosial, (3) fungsi ekonomi (4) fungsi hiburan, dan (5) fungsi pendidikan. Adapun potensi Pura Siwa Sila Gatra ialah aspek historis, aspek peninggalan meliputi pelinggih lontar, meru tumpang pitu, dan pendidikan karakter.


Kata Kunci: Sejarah, Pura Siwa Sila Gatra, Sumber Belajar Sejarah

References

Daliman. 2015. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Ngurah, Gst. Made, dkk. 1999. Buku Pendidikan Agama Hindu Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Paramita.

Pageh, I Made. 2010. Metodologi Sejarah Dalam Perspektif Pendidikan. Denpasar : FIS dan Pustaka Larasan.

Suhardana. (2006), Pengantar Etika dan Moralitas Hindu, Paramita, Denpasar. Suyasa, Wayan. 2006. Pura Dasar Bwana Gelgel : Suatu Kajian Antropologi Politik. Jurnal Candra Sangkala. (edisi no. 8. Th. 18 Januari 2006).: 93-106.

Tim Penyususn. 2007. Situs amblingan. Dinas kebudayaan dan pariwisata buleleng : Balai Arkeologi Denpasar.

Wiana, I Ketut. 2007. Tri Hita Karana Menurut Konsep Bali. Surabaya : Paramita.

Downloads

Published

2020-09-25

Issue

Section

Articles