Pengenalan Sejarah Pada Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng

Dita Hendriani

Abstract


Bercerita atau mendongeng merupakan warisan budaya yang sudah lama kita kenal, bahkan dijadikan sebagai kebiasaan atau tradisi bagi para orangtua untuk menidurkan anak-anaknya. Sebagian besar orang tua dan guru jarang mendongeng kepada anak karena kurangnya buku cerita yang sesuai perkembangan anak dan terbatasnya media pendukungnya. Pendampingan kepada orang tua dan guru dalam meningkatkan budaya membaca permulaan pada anak usia dini dilaksanakan KB Al Naba, Arjowinangun, Kota Malang pada tanggal 22 September 2019 dengan jumlah peserta 40 orang tua dan guru. Hasil monitoring adalah anak menjadi lebih tertarik untuk mendengarkan dongeng, lebih tertib dan tenang dalam proses belajar mengajar di KB Al Naba. Beberapa anak tertarik pada buku cerita dan bisa menceritakan cerita bergambar sendiri. Harapannya kegiatan pendampingan ini bisa dilaksanakan dalam skala yang lebih luas dengan materi yang lebih berkembang misalnya tentang cara membuat suara yang berbeda, ekspresi dalam mendongen serta Dongeng Sejarah dan Kisah Kepahlawanan

Kata Kunci : dongeng, boneka tangan, buku cerita, sejarah, kisah pahlawan


Full Text:

PDF

References


Darwadi 2002 dalam Nurfalah, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Proses pada Siswa Kelas II SDN 1 Wosu Kec. Bungku Barat Kab. Morowali, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 1, hal 31 Mety Toding Bua, Anang Santoso, Muakibatul Hasanah, Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 9, Bln September, Thn 2016, Hal 1749— 1752 Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.(2002:188). Oliver, Serrat, Storytelling.2008. United States of America: ReedElsevier Pradipta, G. A. (2011). Keterlibatan orang tua dalam proses mengembangkan literasi dini anak usia paud di Surabaya. Jurnal Unair,1(3),1-9.

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : PEDAGOGIA Widyaning Hapsari, Lisnawati Ruhaena, & Wiwien Dinar Pratisti , Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi, Jurnal Psikologi. Volume 44, Nomor 3, 2017: hal 178 W.J.S Poerwadarminta,1984, Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta. PN Balai. Pustaka Media Online : Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Anak Usia Dini Per Kabupaten/Kota : Kota Malang online http://referensi.data.kemdikbud.go.id /index21.php?kode=056100&level= 2 Kompas.com "Manfaat Dongeng untuk Anak", https://lifestyle.kompas.com/read/20 12/05/15/14183692/manfaat.dongen g.untuk.anak. Nurul Iswari. (2017). Ini Penyebab Rendahnya Minat Baca di Indonesia. Media Online Kumparan, https://kumparan.com/nuruliswari/ini-penyebab-rendahnyaminat-baca-di-indonesia1504967041086. Diakses 20 Juli 2019. Winda Destiana Putri. Peran Penting Mendongeng untuk Anak dan Orangtua, 8 Juli 2019 13:36 WIB https://www.republika.co.id/berita/g ayahidup/parenting/15/02/25/nkbbl2peran-penting-mendongeng-untukanak-dan-orangtua




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jcs.v2i1.28802

Article Metrics

Abstract view : 443 times
PDF file view : 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL CANDRA SANGKALA IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: jurnalcandrasangkala@gmail.com
Email: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JCS/index

 

Jurnal Pendidikan Candra Sangkala indexed by:

    Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 

 

Creative Commons License

Jurnal Candra Sangkala licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.