BEBERAPA KEISTIMEWAAN CANDI CETHO DI KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Heri Purwanto

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v2i1.28806

Abstract

Berbagai warisan budaya yang tersebar di wilayah Lereng Barat Gunung Lawu, merupakan hasil budaya masa lalu yang penuh dengan keunikan. Rangkaian artefak dan fitur mampu memberikan kesan yang menakjubkan. Salah satu yang dapat diamati ialah situs Candi Cetho. Tulisan ini akan mengungkap keistimewaan tinggalan arkeologi yang berada di Candi tersebut. Melalui keunikan-keunikan yang ditemukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan dan analisis data. Pengumpulan data meliputi observasi dan kajian pustaka. Analisis yang digunakan ialah kualitatif yakni menguraikan data yang telah terkumpul dalam bentuk kalimat. Berdasarkan hasil analisis yang digunakan Candi Cetho mempunyai beberapa keistimewaan yaitu merupakan bangunan berteras dengan 14 undakan, terdapat relief yang menggambarkan tokoh yang berbalik, fitur di teras VII merupakan hasil dari perpaduan beberapa konsep Hindu, dan nampaknya keberlanjutan fungsi situs candi ini masih dapat dijumpai hingga kini. Lebih-lebih mengalami pengembangan.


Kata Kunci: Candi Cetho, istimewa, unik

References

Afriono, Rizky. 2011. Identifikasi Komponenkomponen Bangunan Berundak Kepurbakalaan Situs Gunung Argopuro. Skripsi. Depok: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Darmosoetopo, Riboet. 1975/1976. Peninggalan-peninggalan Kebudayaan di Lereng Barat Gunung Lawu, laporan penelitian proyek UGM no 82. Yogyakarta: Fakultas sastra dan Kebudayaan, Universitas Gadjah Mada.

Istari, Thecla Maria Rita.2015. Ragam Hias Candi-Candi Di Jawa: Motif dan Maknanya. Yogyakarta: Kepel Press

Munandar, Agus Aris. 2011. Catuspatha: Arkeologi Majapahit. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Mundardjito. 2002. Pertimbangan Ekologis Penempatan Situs Masa Hindu-Buda di Daerah Yogyakarta. Jakarta: Wedatama Widya Sastra

Sedyawati, Edi dkk. 2013. Candi Indonesia Seri Jawa. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.

Suhadi, Machi, P.E.J Fernandus, Amelia, Agustijanto Indrajaya. 1999/2000. Penelitian Arsitektur Di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Arkeologi.

Suprapta, Blasisu, M. Dwi Cahyono, Ismaul Lutfi. Kultus Kesburuan Dalam Seni Bangun Keagamaan pada Lereng Barat Gunung Lawu (Abad XIV-XV): Kajian Makna Relegius dengan Model “Sistem Trikhotomi” terhadap Tanda Ikonografi dan Relief. Laporan penelitian. Malang: IKIP Malang.

Tim Peninggalan Sejarah dan Purbakala. 1991. Pendataan dan Pemotretan Candi Ceto Karanganyar Mei 1991. Jawa tengah: Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala.

Situs: http://www.karanganyarkab.go.id/

Downloads

Published

2020-09-25

Issue

Section

Articles