GUGUR GEGER NUSANTARA DILIHAT DARI PERSPEKTIF ILMU SEJARAH

Authors

  • I Made Pageh Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jcs.v2i2.28814

Abstract

Buku ini diterbitkan oleh tim Surya Majapahit, di Denpasar tahun 2017 (setebal 151 hal. termasuk lampiran).Buku ini diantar oleh dua tokoh: (1) Tokoh ketua PHDI dan Rektor IHDN Denpasar Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si., disebutkan bahwa buku ini membahas mitologi hingga zaman Majapahit, dan membahas sejarah berbeda dengan teori sejarah umumnya, disinyalir akan dapat memberikan gambaran sejarah baru. (2) sejarawan lain, Prof. Dr. I Gde Parimartha, M.A. menyebutkan buku ini merupakan hasil karya anak muda kreatif, dengan sudut pandang dari Bali Utara.iwandkk mengidentikasi pusat kerajaan Majapahit ada di Bungkulan, dan tokohtokoh besar sejarah Indonesia lama sebagian besar kawitannya di Bungkulan.  Secara metodologis, buku inimenggunakan epistemologi mencari kebenaran dengan metode ―anumana pramana‖ (pandangan tradisional). Disarakan memperkuat analisis dengan semiotika, yaitu ilmu tentang tanda (cf. Recouer, 2008; Sumaryono, 1999; Palmer, 2005; Tinarbuko, 2009), karena kurang alat analisisnya maka dapat menggambarkan cerita sejarah yang berbeda dari karya sejarah akademik umumnya (Parimartha, 2017: iv-v). pemaparan diakhiri dengan harapan terus berkarya dan dijadikan teman diskusi sampai kebenaran yang diinginkan oleh Iwan, dkk. dapat ditemukan.

Kata kunci :PHDI, Perspektif,Sejarah

References

Atmodjo, R.M. Sukarto K. 1970. Manuskrip ―Prasasti BuyanSanding-Tamblingan. Disampaikan dalam Seminar Sejarah Nasional II, 26-29 Agustus di Yogyakarta.

Foucault, Michel. 2012. Arkeologi Pengetahuan. Inyak Ridwan Muzir (penerjemah). IRCiSoD: Yogyakarta.

Giddens, Anthony. 2010. Teori Strukturasi: Dasar-dasar Pembentukan Struktur Soaial Masyarakat. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ginarsa, Ketut. tt. ―Prasasti Baru Raja Ragajaya”, dalam Majalah Ilmuilmu Sastra Indonesia.Maret – Juni 1963. Jilid IV, No 1,2. UI: Jakarta.

Martono, Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Rajawali Pers: Jakarta.

Palmer, Richard E.Hermeneutika: Teori Baru Mengenai Interpretasi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Ricoeur, Paul.2009. Hermeneutika Ilmu Sosial. Kreasi Wacana: Yogyakarta. Shastri, N.D. Pandit. 1963. Sejarah Bali Dwipa. Jilid I. Bhuwana Saraswati: Denpasar Bali.

Sumaryono, E. 2013. Hermeneutik: Sebuah Metode Filsafat. Kanisius: Yogyakarta. Tinarbuko, Sumbo. 2009. Semiotika Komunikasi Visual. Jalasutra: Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-09-25

Issue

Section

Articles