PEMBELAJARAN KREATIF MODEL SINEKTIK MENGGUNAKAN E-PORTOFOLIO BERBASIS GOOGLE SITES PADA PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jcs.v3i2.47052Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui 1) potensi pelajaran sejarah dalam pengembangan pembelajaran sinektik, 2) mendesain prototipe pengembangan pembelajaran sinektik menggunakan e-portofolio berbasis Google Sites, dan 3) identifikasi terhadap aktivitas pembelajaran sejarah di SMAN 2 Kuta. Melalui pendekatan kualitatif menggunakan metode kajian pustaka dengan observasi terbatas pada aktivitas pembelajaran sejarah, data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengedepankan keterkaitan antara data sehingga menghasilkan hubungan logis mengenai aktivitas pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajaran sejarah memiliki karakteristik yang memungkinkan disajikan melalui model pembelajaran sinektik melalui pemanfaatan e-portofolio berbasis Google sites dilihat dari sifat, tujuan, materi serta nilai-nilai yang diajarkan. Prototipe pengembangan kegiatan pembelajaran sejarah di kelas dilakukan melalui tahapan input, tahap penggabungan proses analogi langsung, perbandingan dan penjelasan perbedaan, 3) tahap analogi personal 4) tahap eksplorasi, dan tahap memunculkan analogi baru. Secara umum dapat diidentifikasi beberapa aktivitas pembelajaran yang memperlihatkan pengembangan keaktifan, kreativitas, dan adanya keterlibatan emosional siswa.