Pengaruh Penerapan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas 3 SD Negeri Kecandran 01

Authors

  • Lailatul Fitriyah Universitas Kristen Satya Wacana
  • Romirio Torang Purba Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jere.v1i3.11760

Keywords:

Demonstration Method, Numeracy Skills

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of the implementation of demonstration method to the numeracy skills of third grade students of SDN Kecandran 01 in second semester of academic year 2016/2017. This research is an experimental research. This research was conducted in two different schools namely SDN Kecandran 01 in class 3 as the experimental class and SDN Dukuh 01 in class 3 as the control class. Students of each school in class 3 as many as 32 students. Data analysis technique used in this research is ancova test using unvariet. The results showed that in the experimental class average pretest of 50, for the average posttest value of 88.59. While in the control class the average pretest value of 48.13, for the posttest value of 79.69. The difference in the pretest value of the two classes was 1.87, while the difference in the posttest average was 8.9. So it can be concluded that there is influence of the implementation of demonstration methods on the numeracy skills of third grade students of SDN Kecandran 01 Salatiga in the second semester of academic year 2016/2017.

References

Adnyawati, N. D. M. S., Keluarga, J. P. K., & Teknologi, F. P. 2004. Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Pembelajaran Dekorasi Kue melalui Metode Demonstrasi dan Media Job Sheet Mahasiswa Jurusan PKK IKIP Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran ISSN, 0215-8250. ejournal.undiksha.ac.id

Anitah W, Sri, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Ary, D dkk. 2010. Introduction to Research in Education 8th. Belmont: Wadsworth Cengage Learning.

Bartik, A. 2013. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Metode Demonstrasi di Kelas III SDN 11 Sungai Kunyit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(7). jurnal.untan.ac.id

Darlina, R. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Kelas V SDN 31 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1). jurnal.untan.ac.id

Ekasriadi, A, dkk. 2006. Metodologi Pengembangan Kemampuan Motorik dan Bahasa. Denpasar: IKIP PGRI Bali.

Firdus. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dalam Mata Pelajaran Sains Kelas V SDN 100/1 Pematang Gadung Kec. Mersam. Avalibele at http://www.e-campus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1D109144.pdf [accessed 27/05/2017]

Hendrawati, N. K. M., Ganing, N. N., Hum, M., & Putra, D. K. N. S. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Melukis Dengan Cara Inkonvensional Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B di TK Melati Payangan Gianyar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). ejournal.undiksha.ac.id

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakart: Pustaka Pelajar

Lestari, D. 2012. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Buah-Buahan Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VII Smp IT Al-Fityan School Medan. Gorga, 1(1). Jurnal.unimed.ac.id

Misiyanti, N. W., Parmiti, D. P., & Wirya, N. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret Melalui Kegiatan Kolase Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). ejournal.undiksha.ac.id

Mustokiyah. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Aalam di Kelas II SD Negeri Sidotopo Wetan I Surabaya. Avalibele at http://www.e-jurnal.com/2014/02/penerapan-metode-demonstrasi-untuk.html [accessed 11/04/2017]

Nonik, N. N., Raga, I. G., & Murda, I. N. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di PAUD Widya Dharma Bondalem Tejakula. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). ejournal.undiksha.ac.id

Ranya, Z. A., Jamhari, M., & Rede, A. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Panca Indra dengan Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas 1VA SDN 5 Pusungi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 1(2). jurnal.untad.ac.id

Sabri, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang: Quantum Teaching.

Sahary. 2016. Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemahiran Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Bintan Tahun Ajaran 2015/2016. Avalibele at http://jurnal.umrah.ac.id/wp-content/uploads/gravity_forms/1-ec61c9cb232a03a96d0947c6478e525e/2016/08/EJOURNAL-SAHARY120388201212-FKIP-2016-PDF.pdf [accessed 27/05/2017]

Sanjaya. 2006. Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana

Sodikin. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Melalui Metode Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Menggunakan Alat Ukur dan Sikap Ilmiah Siswa. IAIN Raden Intan Lampung, Hlm 257-269.

Sugiyono. 2010. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukerti, N. M., Raga, G., & Murda, I. N. 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Daun Pisang Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). ejournal.undiksha.ac.id

Susanto, A. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Group.

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyudi, Kriswandani. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.

Wahyuni, N. N. R., Asri, I. G. A. S., & Suniasih, N. W. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mencetak Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). ejournal.undiksha.ac.id

Downloads

Published

2017-08-14

Issue

Section

Articles