Analisis Nilai Moral Dalam Film Animasi “The Boss Baby” Produksi Dreamworks Animation Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dhanang Lukmantoro Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Singgih Adhi Prasetyo Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Husnul Hadi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17157

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai moral dalam Film Animasi “The Boss Baby” karya DreamWorks Animation bagi Siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 2 Tamanrejo. Data yang diperoleh menggunakan teknik simak catat, Kangket, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dideskripsikan yaitu film animasi “The Boss Baby” mengandung nilai moral yang baik untuk anak usia sekolah dasar antara lain nilai kejujuran, keadilan, toleransi, bijaksana, disiplin diri, suka menolong, berbelas kasih, kerja sama, berani, dan demokratis. Namun untuk anak usia sekolah dasar hanya mampu menganalisis nilai kerja sama dan suka menolong dari film tersebut. Film ini dapat dijadikan sarana penanaman moral untuk anak dengan bimbingan guru ataupun orang tua..

Kata kunci: Nilai Moral, The Boss Baby, Sekolah Dasar

References

Ampera, Taufik.2010. Pengajaran Sastra. Bandung: Widya Padjajaran.

Fadli dan Rahma. 2016. Analisis Struktur dan Nilai-Nilai Moral yan terkandung dalam Cerpen Made Todoke Karya Yoshida Genjiro. Naskah Publikasi. Semarang: UNDIP. diunduh 13 Desember 2018.

Ghony, Djunaidi & Fauzan Almanshur. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

IMDB. 2017. The Boss Baby. https://www.imdb.com/title/tt3874544/releaseinfo. diunduh 28 November 2018.

Kesuma, Dharma, dkk. 2013. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda.

Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Maghfiroh. 2015. Analisis Pesan Moral dalam Film Animasi “Pada Zaman Dahulu” Full Movie Karya Aliya Nazlan dkk. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang (tidak diterbitkan).

Milawati, Teti. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Naskah Publikasi. Jakarta: UPI. http://jurnal.upi.edu/file/8-Teti_Milawati-edit.pdf. diunduh 17 Desember 2018.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press..

Keppres. 2014. Peraturan Pemerintah No. 18Tahun 2014 tentang Lembaga Sensor Film. Jakarta.

Sugihartono, Ranang Agung, dkk. 2010. Animasi Kartun. Jakarta: PT Indeks.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Winarno dan Herimanto. 2011. Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Issue

Section

Articles