TINJAUAN ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM PENELITIAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Authors

  • Dyah Ayu Putri Utami Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v3i2.22695

Keywords:

Gerakan Literasi Sekolah, landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau hasil penelitian Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di SMP N 9 Yogyakarta berdasarkan landasan: (1) ontologi, (2) epistemologi, (3) aksiologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis konten dengan objek hasil penelitian implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMP N 9 Yogyakarta oleh Ilmiawan (2017). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penafsiran secara deskriptif. Berikut uraian hasil penelitian. Pertama, penelitian tersebut belum memenuhi landasan ontologis secara rinci. Hakikat literasi yang uraikan berupa hakikat literasi dua dekade lalu. Selain itu, hakikat Gerakan Literasi Sekolah dan acuan teori dalam pembahasan belum diuraikan. Kedua, penelitian tersebut secara umum telah memenuhi landasan epistemologi ditunjukkan oleh prosedur ilmiah yang digunakan cukup lengkap dan benar. Akan tetapi, masih perlu ada revisi dan penambahan di beberapa bagian antara lain perumusan tujuan penelitian, reabilitas, dan penyajian pembahasan penelitian. Teknik analisis data yang dilakukan sudah sesuai dengan langkah-langkah analisis data interaktif. Selain itu, peneliti hendaknya konsiten dalam penggunaan murid atau siswa.  Ketiga, penelitian tersebut telah memenuhi landasan aksiologi. Nilai-nilai yang dapat diambil dari penelitian tersebut meliputi nilai kemandirian, nilai kedisiplinan, nilai kerjasama, nilai rasa ingin tahu, nilai tanggung jawab, nilai kreatif, dan nilai gemar membaca.

 

References

Axford, Nick. (2009). Child Well being Through Different Lenses Why Concept matters. Jurnal Child & Family Social Work, 14(3), hlm 372-383.

Creswell, John W. 2019. Research Design: Pendekatan, Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Denzin, Norman K. dan Yvonnas S. Lincoln. 2004. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaluddin dan Abdullah Idi. 2007. Filsafat Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Libraries (ACRL). Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 39(1), hlm. 37-49. DOI: http://dx.doi.org/10.14203/j.baca.v0i0.346.

Prasetyo, Djoko, dkk. (2018). Keterampilan Literasi Informasi Mahasiswa Menurut Standar Kompetensi Literasi Informasi Association of College & Research.

Retaningdyah, Pratiwi, dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1 (1), hlm. 325-343. DOI: http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.

Wiedarti, dkk. (2016). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

___________. 2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ACRL. (2010). Introduction to Information Literacy, 4, hlm. 22-25. Diakses dari http://www.ala.org/ala/mgrps/divs/acrl/issues/infolit/overview/intro/index.cfm. pada 11 Desember 2019.

CCSU News Release. (2016). Most Littered Nation In the World. Diakses dari https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data). pada 11 Desember 2019.

Cooper, J. David. (2014). Literacy: Helping Students Construct Meaning. Houghton Mifflin. https://books.google.co.id/books. Diunduh pada 8 Desember 2019.

Ilmiawan, R.S. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah dan Minat Baca Siswa di SMP N 9 Yogyakarta. Journal Student UNY, 6(7). Diakses dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/social-studies/article/view/10270 pada 8 Desember 2019.

Novanda, Y. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Atas pada Tiga Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta. Journal Student UNY,7(2),hlm.163-175.

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pbsi/article/view/11463/11009 pada 11 Desember 2019.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Diakses dari: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisaindonesiatahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/.[03 Desember 2019].

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles