KONTEKSTUALISASI PEMBELAJARAN FILSAFAT ILMU PADA PROGRAM MAGISTER PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Authors

  • hastangka Hastangka Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v4i1.31888

Keywords:

filsafat ilmu, psikologi, pembelajaran, model.

Abstract

Filsafat Ilmu merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diselenggarakan untuk program studi magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Pada dasarnya, Filsafat Ilmu menjadi salah satu bagian penting pembelajaran untuk mahasiswa semester pertama pada jenjang  strata 1 dan strata 2 di perguruan tinggi sebagai fondasi untuk mengenal, memahami, dan mendalami tentang bidang ilmu tertentu yang dipelajari. Filsafat Ilmu sebagai salah satu cabang filsafat khusus memiliki fungsi dan peran untuk menjadi dasar berpijak dalam  memberikan kerangka ontologis, epistemologis, dan aksiologis atas ilmu yang ada dan berkembang dewasa ini. Filsafat Ilmu diajarkan pada jenjang pendidikan Strata 2 sebagai upaya untuk memberikan kerangka berpikir untuk mengembangkan dan mendalami disiplin ilmu yang lebih spesifik dan mendalam. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian tindakan kelas yang akan mendeskripsikan tentang proses pembelajaran Filsafat Ilmu pada Program Magister Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada periode tahun 2020 sampai dengan 2021. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan orientasi dan pengenalan model pembelajaran Filsafat Ilmu pada program Strata 2 di Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kontekstualisasi pembelajaran Filsafat Ilmu untuk bidang disiplin ilmu di luar Filsafat menjadi penting. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data dari buku, jurnal ilmiah, dan hasil wawancara kepada mahasiswa. Analisis data ini menggunakan analisis kritis, analisis induktif-deduktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kontekstualisasi pembelajaran Filsafat Ilmu pada program Magister Psikologi dilakukan melalui pendekatan inovatif dan kreatif.

 

 

References

- Achadah.A & Fadil.M.2020. Filsafat Ilmu: Pertautan Aktivitas Ilmiah, Metode Ilmiah dan Pengetahuan Sistematis. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 1, Juni 2020, Hal. 130-141.

- Amsad. N.L.2019. Tinjauan Penalaran Ilmiah Pada Penemuan-Penemuan Sains Yang Tak Disengaja (Serendipity). Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 2 No 1 2019.hal.12-19.

- Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 2015. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta:Dirjen Dikti.

- Damayanti, S.N & Ma‟ruf, H.M.2018. Epistemologi Saintifik Thomas S. Kuhn terhadap Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 1 No 3 2018, hal.120-127.

- Firman.H. 2019. Kepastian Dan Ketidakpastian Dalam Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 2 No 1 2019. Hal.33-36.

- Hermawan.2015. Perjalanan Singkat dan Perkembangan Filsafat Ilmu. Jurnal Theologia Vol.2 6 No.1, Tahun 2015.

- Lako.A.2004.Peran Filsafat Ilmu sebagai Fondasi Utama dalam Pengembangan Ilmu (Teori) Akuntansi. Jurnal Bisnis Akuntansi, Vol.2. No.2 Agustus 2004, 167-188.

- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

- Susanto.2016.Filsafat Ilmu Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Cetakan ketujuh, Jakarta: Bumi Aksara.

- Roza.P & Sulistyaningtyas.2006. Resensi Buku: Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Jurnal Sosioteknologi Edisi 7 Tahun 5, April 2006,56-60.

- Shidiq.A.S. 2019. Filsafat Sains: Inferensi dan Eksplanasi Ilmiah pada Awal Perkembangan Spektroskopi Serapan Atom, Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 2 No 1 2019.hal.20-26.

- Wahana.P.2016. Filsafat Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Diamond.

- Widyawati. S. 2013. Filsafat Ilmu Sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Gelar, Jurnal Seni dan Budaya, Volume 11 No. 1 Juli 2013. hal.87-96.

Internet:

- https://s2-psikologi.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/Kurikulum-2017-Magister-Psikologi-Konversi-Mata-Kuliah.pdf.

Downloads

Published

2021-05-03

Issue

Section

Articles