Rendahnya Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19: Kajian Aksiologi

Penulis

  • Leni Hartati Riau University
  • Jimmy Copriadi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i1.41551

Kata Kunci:

Interest in Learning, Learning Biology, Axiology

Abstrak

Abstrak

Pembelajaran antara pendidik dan peserta didik harus dilakukan di lingkungan sekolah. Karena merupakan tempat pertemuan yang ideal antara pendidik dan peserta didik untuk mencapai pendidikan yang berkualitas. Pendidikan mengandung nilai-nilai etika, moral, estetika, dan sosial untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Namun hal itu berubah ketika aktivitas belajar mulai terjadi secara online di rumah. Semua pihak mulai menyesuaikan diri yang berbeda menjadi sangat sulit. Sekolah dan pendidik harus bekerja keras untuk menemukan internet yang sesuai sebagai media pembelajaran. Siswa dan orang tua di rumah berjuang untuk mengikuti pembelajaran online. Setelah pelaksanaannya, ternyata banyak kendala yang dihadapi oleh para pihak. Kasus yang menjadi perhatian besar adalah menurunnya minat belajar anak. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan permasalahan yang muncul. Hasil pendataan yang dilakukan, diketahui bahwa menurunnya minat belajar anak dan kurangnya belajar, yang memotivasi anak untuk semangat dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan nilai-nilai etika, dukungan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Disimpulkan bahwa; penurunan minat belajar anak (malas) dari kajian aksiologi nilai dan perilaku buruk tidak boleh diterima dengan alasan apapun.

Kata KunciMinat Belajar, Belajar Biologi, Aksiologi

Abstract

 

Learning between educators and students must be carried out in the school environment. Because it is an ideal meeting place between educators and students to achieve quality education. Education contains ethical, moral, aesthetic, and social values to achieve educational success. But that changed when learning activities started happening online at home. All parties begin to adjust the different becomes very difficult. Schools and educators must work hard to find the appropriate Internet as a learning medium. Students and parents at home struggle to keep up with online learning. After its implementation, it turned out that there were many obstacles faced by the parties. Cases that are of great interest are children's declining interest in learning. In this study, the authors use qualitative methods to describe the problems that arise. The results of data collection carried out, it is known that the decline in children's interest in learning and lack of learning, which motivates children to be enthusiastic in learning. The purpose of this research is to implement ethical values, social support in social life. It was concluded that; a decrease in children's interest in learning (lazy) from axiological studies of values and bad behavior should not be accepted for any reason.

 

 

Biografi Penulis

Leni Hartati, Riau University

magister pendidikan ipa

Referensi

A. Nata, “Manajemen Pendidikan,” Jakarta: Kencana, 2008.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” BIODIK J. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 02, pp. 214–224, 2020.

A. Wardani and Y. Ayriza, “Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 772–782, 2020.

N. R. Novianti, “Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran,” J. Pendidik. MIPA, pp. 158–166, 2011.

R. Putra and I. Irwansyah, “Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi,” J. Ilmu Sos. dan Polit., vol. 1, no. 2, pp. 1–13, 2020.

J. S. Suriasumantri, “Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer,” Jakarta: PT Penebar Swadaya, 2010.

A. Woolfolk, “Educational Psychology,” Boston: Pearson, 2007.

W. A. F. Dewi, “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 55–60, 2020.

Fithriani, “Implikasi Aksiologi Dalam Filsafat Pendidikan,” Jurnal- ar raniry, vol. 5, no. 1, pp. 83–92, 2017, [Online]. Available: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4359/2895.

ByeditorialKompas, “Hambatan dan Solusi Saat Belajar Daring,” Apr. 2020. Diakses 17 September 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Terbitan

Bagian

Articles