Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092Kata Kunci:
berpikir kritis, pandangan filsafat, kerangka berpikir kritisAbstrak
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dibutuhkan dalam pengembangan keterampilan abad ke-21 (21st Century Skill). Pendidikan sebagai salah satu usaha mencerdaskan kehidupan bangsa menempatkan kemampuan berpikir sebagai kompetensi penting. Tujuan dari sistem pendidikan adalah membentuk orang-orang terdidik yang mandiri dan dapat berpikir efektif serta kritis. Setiap individu membutuhkan keterampilan berpikir kritis agar berhasil memecahkan masalah dalam situasi sulit. Akar dari pemikiran kritis sama kunonya dengan dimulainya pemikiran-pemikiran filsafat. Sekitar 2500 tahun yang lalu, Sokrates menemukan metode penyelidikan pertanyaan. Konsep berpikir kritis kemudian mengalami perkembangan hingga pada zaman saat ini. Perkembangan konsep berpikir kritis dari sudut pandang filsafat menjadi penting dipelajari dengan tujuan agar mendapatkan pemahaman holistik mengenai kerangka berpikir kritis. Metode yang digunakan untuk menyusun artikel ini adalah studi kepustakaan. Beberapa definisi dari filsuf bersifat saling menguatkan maupun saling melengkapi. Konsep berpikir kritis dalam pandangan filsafat menekankan pada sifat, sikap dan kualitas berpikir kritis. Konsep berpikir kritis menekankan pada delapan hal yaitu: analisis, penalaran, inferensi, membandingkan, formulasi hipotesis, sintesis (membuat ide baru), pengujian dan kesimpulan komperhensif.
Referensi
Atabaki, A. M.S.,Keshtiaray, N & Yarmohammadian, M. H. (2015). Scrutiny of Critical Thinking Concept. International Education Studies, 8 (3). http://dx.doi.org/10.5539/ies.v8n3p93
Beers, S. Z. (2011). 21st century skills: preparing students for their future. STEM science, technology, engineering, math. Retrived from http://cosee.umaine.edu/files/coseeos/21st_century_skills.pdf
Dewey, John, 1910, How We Think, Boston: D.C. Heath. Retrivied from https://archive.org/details/howwethink000838mbp
Hitchcock, David. (2020). Critical Thinking, The Stanford Encyclopedia of Philosophy (Fall 2020 Edition). Retrivied from https://plato.stanford.edu/archives/fall2020/entries/critical-thinking/
Hove, G. (2011). Developing critical thinking skills in the high school English classroom. (Unpublished master’s thesis). University of Wisconsin-Stout, WI. Retrieved from https://www2.uwstout.edu/content/lib/thesis/2011/2011hoveg.pdf
Idris, S. & Ramly, F. (2016). Dimensi Filsafat Ilmu dalam Diskursus Integrasi Ilmu. Darussalam Publishing: Yogyakarta.
Johnson, B., Steven, J. J., & Zvoch, K. (2007). Teachers’ perceptions of school climate: A validity study of scores from the revised School Level Environment Questionnaire. Educational and Psychological Measurement, 67(5), 833-844. http://dx.doi.org/10.1177/0013164406299102
Kealey, B. T., Holland, J., & Watson, M. (2005). Preliminary evidence on the association between critical thinking and performance in principles of accounting. Issues in Accounting Education, 20(1), 33-49. https://doi.org/10.2308/iace.2005.20.1.33
Lipman, M. (2003). Thinking in education (2nd ed.). NewYork, NY: Cambridge university press. http://dx.doi.org/10.1017/CBO9780511840272
McConnell, J. (2008). An educational strategy to improve graduate nurses critical thinking skills during the hospital orientation program. The journal of continuing education in neursing, 3, 193. https://doi.org/10.3928/00220124-20080301-12
Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results (volume I): what students know and can do. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., & Villamor, B. B. (2013). Higher order thinking skills and academic performance in physics of college students: a regression analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research, 4, 48-60. Retrivied from https://www.researchgate.net/publication/333506487_Higher_Order_Thinking_Skills_and_Academic_Performance_in_Physics_of_College_Students_A_Regression_Analysis
Suparlan, H. (2016). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat 25(1). https://doi.org/10.22146/jf.12614
Vacek, E. (2009). Using a conceptual approach with concept mapping to promote critical thinking. Educational Innovation, 1(48). https://doi.org/10.3928/01484834-20090101-11
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Filsafat Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.