Panorama Eksistensi Kesadaran Cogito Ergo Sum menuju Cogito Ergo Zoom dalam Pembelajaran Online

Penulis

  • Alfredo Kevin Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang
  • Fransiskus Armada Riyanto Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42229

Kata Kunci:

Rene Descartes, eksistensi, cogito, pembelajaran online, zoom

Abstrak

Studi artikel ini menaruh perhatian pada skema panorama pola berpikir baru dalam pendidikan di masa pandemi. Metodologi yang digunakan dalam penulisan studi adalah kualitatif-deskriptif. Tema yang diangkat oleh penulis adalah metafisika postmodern cartesian tentang konsep berpikir dalam menentukan suatu kesadaran eksistensi manusia. Pembahasan berisikan elaborasi antara kegiatan berpikir dalam belajar-mengajar melalui aplikasi pembelajaran Zoom dengan falsafah terkenal Rene Descartes tentang “Cogito Ergo Sum”. Pemahaman metode cartesian senantiasa menyangsikan segala sesuatu yang tampak secara inderawi. Tujuan penulisan untuk mendalami pengaruh situasi kelas online dalam proses berpikir manusia mencapai kepastian ilmu pengetahuan di depan layar spektral. Pengetahuan adalah kesadaran penuh perhatian. Realita efektivitas Zoom saat ini menghasilkan suatu paradoks. Pembelajaran daring menciptakan ruang interaktif tetapi di sisi lain juga berdampak bagi terciptanya ruang jenuh dalam pembelajaran sehingga memengaruhi kesadaran berpikir manusia untuk mencapai pengetahuan. Penulis menemukan adanya pergeseran makna penting “Cogito Ergo Sum” milik Descartes menjadi “Cogito Ergo Zoom”. Hal ini tidak terlepas dari ketergantungan pola kesadaran berpikir manusia kini pada sistem jaringan dan layar spektral semata.

Referensi

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan-Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Arirahmanto, Sutam Bayu. 2018. Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis Android untuk Siswa SMPN 3 Babat. Surabaya: UNESA.

Ayub, Syahrial dkk. 2021. Efektifitas Perkuliahan Dengan Zoom Cloud Meeting Masa Pandemi Covid-19 Pada Pemahaman Konsep Termodinamika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. Universitas Mataram. Vol. 6. No. 1, hal. 48-53.

Baudrillard, Jean. 1983. Simulation. New York: Semiotex.

Copleston, Frederick. 2021. Filsafat Rene Descartes. Yogyakarta: Basabasi

Descartes, Rene. 2015. Diskursus & Metode: Mencari Kebenaran dalam Ilmu-Ilmu Pengetahuan. Terjemahan oleh Ahmad Farid Makruf. Yogyakarta: Ircisod.

_____________. 2008. Meditations on First Philosophy. Terjemahan oleh Michael Moriatry. Inggris: Oxford University Press.

Hadi, P. Hardono. 1994. Epistemologi Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisius.

Hardiman, F. Budi. 2021. Aku Klik maka Aku Ada-Manusia dalam Revolusi Digital. Yogyakarta: Kanisius.

Haqien, Danin dan Aqiilah Afiifadiyah Rahman. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Susunan Artikel Pendidikan. Vol. 5, No. 1, hal 51-56.

Hegel, Fridrich. 1970. Vorlesungen über die Geschichte der Philosophie III. Frankfurt: Suhrkamp.

Kemendikbud. 2020. Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi: Masa Belajar Penyelenggaraan Program Pendidikan. Diakses 3 Desember 2021 melalui https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/surat-edaran-direktorat-jenderal-pendidikan-tinggi-masa-belajar-penyelenggaraan-program-pendidikan/

Lavine, Thelma Z. 2003. Descartes: Masa Transisi Bersejarah Menuju Dunia Modern. Yogyakarta: Jendela.

Pawicara, Ruci dan Maharani Conilie. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi. Vol. 1, No. 1, hal 29-38.

Riyanto, Armada. 2017. Menjadi Mencintai; Berfilsafat Teologis Sehari-hari. Yogyakarta: Kanisius.

______________. 2018. Relasionalitas; Filsafat Fondasi Interpretasi: Aku, Teks, Liyan, Fenomen. Yogyakarta: Kanisius.

______________. 2021. Remah dan Daun Kering; Meditasi Spiritual Teologis. Malang: Widya Sasana Publication.

Sairah, Abdul Rokhmat. 2021. Modernisasi Sains Menuju Psikologi: Studi atas Pengaruh Pemikiran Rene Descartes (1596-1650) Terhadap Perkembangan Psikologi. Jurnal Filsafat Indonesia. Vol. 4, No. 1, hal 44-52.

Satwikayana, Sujud dkk. 2021. Sistem Presensi Mahasiswa Otomatis Pada Zoom Meeting Menggunakan Face Recognition Dengan Metode Convulitional Neural Network Berbasis Web. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika. Vol. 5, No. 2, hal 785-793.

Setiani, Adris. 2020. Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi dan Setelah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Vol. 3, No. 1, hal 524-530.

Sitorus, F. Kennedy. 2016. Saya Berpikir, maka Saya Ada. Jakarta: Makalah Kelas Filsafat, Komunitas Salihara.

Syaifuddin, Harista Hidayah. 2018. Aku Mengunggah Maka Aku Ada: Kajian Fenomenologis terhadap Autentisitas Identitas Pengguna Facebook. Madani: Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan. Vol. 10, No. 3, hal 33-56.

Yogiswari, K. Sukma. 2019. Keraguan Kritis Descartes. Jurnal Sanjiwani. Vol. 10, No. 1, hal. 45-52.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-05

Terbitan

Bagian

Articles