Kajian Aksiologi Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di Masa Pandemi Covid

Penulis

  • Lutfi Universitas Muhammadiyah Jakarta-UMJ

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.42373

Kata Kunci:

Aksiologi dalam pembelajaran bahasa

Abstrak

Aksiologi adalah kegunaan ilmu pengetahuan yang didapat, dan bagaimana cara mempergunakannya secara baik. salah satunya pengaplikasian teknolgi, pengaplikasian teknologi dalam kegiatan belajaran mengajar, khususnya di masa pandemik menjadi pembelajaran daring, berdampak pada penurunan minat belajar pada siswa. Penelitian ini berisi tentang kajian aksiologi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang sangat sensitif dalam pembelajaran.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kajian pustaka (literarur reseach) dari berbagai sumber yang bisa di dapat sebagai referensi mendalam. Referensi yang dignakan elalui penelitian studi lietratur digunakan sebagai alat utama pengkajian dilapangan.Keterbatasan interaksi antara pengajar dan peserta didik di masa pandemik menjadi sebuah persoalan lumrah dimata masyarakat. Nilai-nilai aksiologi jika dipegang teguh oleh peserta didik dan pengara makan akan mendapatkan nilai yang maksimal dalam proses pembelajaran, nilai kreatifitas dan inovasi menjadi sebuah kunci utama dalam pembelajaran secara daring

Biografi Penulis

Lutfi , Universitas Muhammadiyah Jakarta-UMJ

Dosen Universitas Muhammadiyah Jakarta

Referensi

Abdulhak. I. (2008). Filsafat Ilmu Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers. E-Learning Implementation Barriers During the Covid-19 Pandemic, 16, 7.

Anim, A., & M. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Pembelajaran Daring Selama Masa Learn From Home (Lfh) Pandemic Covid-19. 1.

Azhar., H. (2018). Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Jurnal Pendidikan Islam Victratina, 3(1), 193–214.

Barutu, S. E., Education, M., & Info, A. (2020). The Achievement of Mathematics Learning in Squadrate and Square Roots of Round Numbers. 2(8), 52–57.

Bishara, S. (2018). Active and Traditional Teaching, Self-Image, And Motivation in Learning Math Among Pupils with Learning Disabilities. Cogent Education, 5, 11.

C, B. D., Amelia, A., Hasanah, U., & Abdy Mahesha Putra, H. R. (2013). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mathedunesa, 2, 1.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Analisis Data. Depok. Rajagrafindo Persada.

Fadhilah, N., Hala, Y., & A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Biologi Bilingual Smp Kelas IX Semester I Terintegrasi Kurikulum Cambridge. UNM Journal of Biological Education, 1(2), 126– 137.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (Ijes), 2(2), 81–89.

Gusdernawati, A., Mahatmasari, P. Y., Suherman, W. S., Lituhayu, K., & Umam, A. K. (2021). E-Learning di Era Pandemi Covid-19: Bagaimana Aksiologi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. 3, 63–74.

Harianti, R. (2016). Pola Asuh Orangtua dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar. Curricula, 20–30.

Izzah, L., Bahar, H., & Yanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Daring Melalui Quantum E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMK Grafika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, 1(1), 1–10.

Johan, G. M. Dan Y. J., & Simatupang. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Secara Sintaksis Dalam Proses Diskusi Siswa Kelas IV SDN Miri. Jurnal Visipena, 8(2).

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Kemendikbud.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 04, 139–146.

Luciandika1, Andajani2, K., Ariani3, D., & Mamah, M. (2021). Pembelajaran, Inovasi Bagi, Penyuntingan Berbasis, Mahasiswa Ariva.

Menulis, Yayasan Kita, H. 59. S. D. D. M. Z. (2020). Model Evaluasi Pembelajaran Aud Berbasis Daring di Ra Nurun Namirah Medan Marelan (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Covid-19), Al-Fatih, Vol. 3, No. 1 (2020).

Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika.

Nurhayati, F. E., & Purwanto, S. E. (2021). Analysis of the Mathematics Learning Motivation of Class Xi Ipa Students During the Covid-19 Pandemic. Edumatica. Jurnal Pendidikan Matematika.

Salam, B. (1997). Logika Materiil Filsafat Ilmu Pengetahuan. Rineka Cipta.

Santosa, N. E. T. I. (2012). Filsafat Pendidikan Muhammadiyah Akhir Zaman. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Sunardjo, N., Sulistiati, & Yeni, M. (2001). Analisis Struktur dan Nilai Budaya Syair Bertema Sejarah. Pusat Bahasa.

Tennyson, C. D., Smallheer, B. A., & Gagne, J. C. De. (2021). Microlearning Strategies in Nurse Practitioner Education. Nurse Educator.

Theopilus, Y., Yogasara, T., Theresia, C., & Octavia, J. R. (2020). Analisis Risiko Produk Alat Pelindung Diri (APD) Pencegah Penularan Covid-19 untuk Pekerja Informal di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 115– 134.

Wardi, M. (2013). Problematika Pendidikan Islam dan Solusi Alternatifnya (Perspektif Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis). Tadris, 8(1).

Yulistio, D., & Fhitri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan Clil (Content And Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI SMA N 2 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 3(1), 9–20.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles