The Energi Dalam Perspektif Filsafat China
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v6i3.54081Kata Kunci:
hukum kekekalan energi, filsafat taoisme, filsafat Yin-YangAbstrak
Artikel ini disajikan dengan metode library research atau penelitian kepustakaan. Kajian literatur dilakukan terhadap buku buku, artikel-artikel ilmiah, serta referensi yang relevan terkait dengan konsep energi dalam perspektif filsafat. Kemudian disintesis secara sistematis dan mendalam untuk memberikan informasi berupa hasil telaah yang bermakna dan bermanfaat. Maka hasil kajian literatur tentang energi dalam perspektif filsafat sebagai berikut: 1) Alam semesta tersusun atas partikel dan energi; 2) Semua makhluk hidup di bumi ini membutuhkan energi; 3) Pikiran manusia adalah magnet untuk meghasilkan energi; 4) Energi dalam diri manusia dibagi menjadi dua, yaitu energi positif dan negatif; 5) Pemilihan energi yang disalurkan akan menentukan kepribadian dari individu tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manusia dengan akal pikiran dan pengetahuan memiliki kuasa penuh atas dirinya untuk mengelola dua potensi tersebut
Referensi
Adib, M. (2018). Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Pustaka
Pelajar.
Amin, F. (2014). Posbakum Antara Teori dan Praktek. Tidak dipublish. Pontianak: IAIN Pontianak
Press
Amiruddin M. A. (2020) "Refleksi Energi Positif dan Negatif". Diakses pada tanggal:11/11/2022
Anugrah, M. N., & Radiana, U. (2022). Filsafat Rasionalisme Sebagai Dasar Ilmu Pengetahuan.
Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 182-187.
Antika, R. (2015). Menjadi Wanita yang Dapat Mengubah Energi Negatif ke Positif pada
Pasangan. DIVA PRESS.
Asmal S. (2021). Membangun Energi Positif dalam Diri. Pada link:
https://www.pasbana.com/2021/08/membangun-energi-positif-dalam-diri.html.
Aulia S. (2022). Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Epistemologi. Jurnal Filsafat
Indonesia, 5 (3), 242-249.
Barata, B. (2016). Penggunaan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan
Memahami Hukum Kekekalan Energi Mekanik pada Siswa Kelas II Semester I SMA Negeri
Bendungan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Inspirasi
Pendidikan, 6(1), 792-801.
Bergmann, L. & Schaefer, C. (1998). Lehrbuch der Experimentalphysik (Vol. I. 11thed.). de
Gruyter.
Coelho, R. L. (2009). On the Concept of Energy: History and Philosophy for Science Teaching.
Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(1), 2648-2652.
Firman,H. (2019a). Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam. Buku tidak dipublish. Sekolah
Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
________ (2019b). Kepastian dan ketidakpastian dalam sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 2 (1),
-36.
French, S., & McKenzie, K. (2016). Rethinking Outside the Toolbox: Reflecting Again on The
Relationship Between Philosophy of Science and Metaphysics. Poznan Studies in the
Philosophy of the Sciences and the Humanities, 104(3), 25–54.
Geerts, R. J., Gremmen, B., Jacobs, J., & Ruivenkamp, G. (2014). Towards a Philosophy of
Energy. Scientiae Studia, 12, 105-127.
Gunarwan N. (2022). Apa Itu Energi Positif dan Energi Negatif?.
Hamdani. (2011). Filsafat Sains. Pustaka setia.
Idaman. (2019). Relasi Kuasa-Pengetahuan dalam Sistem Ketatanegaraan di Kerajaan Konawe
Abad ke-XVII: Telaah Epistemologi Siwole Mbatohu. Halu Oleo Law Review, 132-156.
Idris, M., Adam, R. I., Brianorman, Y., Munir, R., & Mahayana, D. (2022). Kebenaran dalam
Perspektif Filsafat Ilmu Pengetahuan dan Implementasi dalam Data Science dan Machine
Learning. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 173-181.
Ishak Muh. (2020). Tausiyah Ramadhan; Mengelola Energi Positif.
https://www.iainpare.ac.id/tausyiah-ramadhan-mengelola-energi-positif/.
Istiqomah, R. I. A., & Wachid, A. (2021). Filsafat sebagai Landasan Ilmu dalam Pengembangan
Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(1), 59-64.
Nurmala, M., Iryanti, M., & Imansyah, H. (2022). Prototipe Kincir Air Sebagai Media Pembelajaran
Hukum Kekekalan Energi. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (Vol. 1, No. 1, pp. 209-
.
Nugroho, A. (2022). Waste Bank Concept: Having Savings and Income From Waste. Akademik:
Jurnal Mahasiswa Humanis, 2(2), 46-54.
Persamaan Kekekalan Energi. Jurnal Teknik Sipil ITB, 16(1), 39-48.
_________ (2010). Pemodelan Dinamika Gelombang dengan Mengerjakan Persamaan
Kekekalan Energi. Jurnal Teknik Sipil ITB, 14(1), 59-68
Pitoyo, J. (2006). Manusia Bijaksana Menurut Taoisme. Jurnal Filsafat, 16(3), 250-276.
Putawa, R. A. (2022). Makna Filosofis Ketiadaan dan Relevansinya dengan Tipe Data Undefined
pada Javascript. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(1), 80-86.
Pramono, M. (2005). Filsafat Seni Taoisme. dalam Jurnal Prasasti, 15(58), 1-17.
Reid, D. (1989). The Tao of Health, Sex, and Longevity: A Modern Practical Guide to the Ancient
Way. Simon and Schuster.
Schipper, K. (1993). The Taoist Body. Univ of California Press.
Subekti, I., Syukri, A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. (2021). Kontribusi Filsafat Ilmu dalam
Penelitian Ilmiah dan Kehidupan Sosial. Jurnal Filsafat Indonesia, 4 (3), 229-241.
Sumaningsih, N. M. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Hukum Kekekalan
Energi dengan Menggunakan Media Gayus di Kelas VIII. 6 SMP Negeri 1 Tanjung. Jurnal
Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan,
Pengajaran dan Pembelajaran, 5(1), 40-46.
Suntana, I. (2018). Keabadian Air: Telaah Teologi Energi dalam Islam dan Hukum
Termodinamika. Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies, 14 (2),
-261.
Tse, L. (2011). Tao te ching. Mauad Editora Ltda
Widiana, I. W. (2019). Filsafat Cina: Lao Tse Yin-Yang Kaitannya dengan Tri Hita Karana Sebagai
Sebuah Pandangan Alternatif Manusia Terhadap Pendidikan Alam. Jurnal Filsafat
Indonesia, 2(3), 110-123.
Widiantari. (2012). Model Pembelajaran Konvensional. Pustaka Setia.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Filsafat Indonesia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.