Implikasi Aksiologi Ilmu Terhadap Implementasi Qanun Aceh: Pemahaman Nilai dan Etika
Implications of Axiological Science for the Implementation of Aceh's Qanun: Understanding Values and Ethics
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.64391Kata Kunci:
Qanun Aceh, aksiologi ilmu , nilai, etikaAbstrak
Penelitian ini membahas impikasi Aksiologi Ilmu terhadap implementasi Qanun Aceh yang
merupakan perkumpulan peraturan hukum yang berlaku di Aceh. Aksiologi yang merupakan
bidang studi yang menekankan kegunaan Nilai dan Etika dalam ilmu pengetahuan berusaha
mencari celah pada dampak penerapan Nilai dan Etika dalam konteks Qanun Aceh. Penelitian
ini menunjukkan bahwa penerapan Aksiologi Ilmu dapat diimplementasikan pada Qanun Aceh
seperti memperkuat identitas budaya lokal Aceh dan pelestarian ajaran Islam yang menjadi corak
hukum di Aceh. Implementasi Qanun Aceh seringkali tidak dapat dipahami oleh masyarakat
karena adanya dualisme aturan di Aceh. Oleh karena itu, penulis akan memaparkan bagaimana
Aksiologi Ilmu dapat menjadi dasar dalam pemahaman sistem hukum tersebut. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa penerapan Aksiologi Ilmu terhadap implementasi Qanun Aceh membawa
dampak positif dalam memastikan pemahaman Nilai dan Etika dalam kebijakan yang dijalankan.
Penting kedepannya untuk mempertimbangkan aspek keadilan, kesetaraan, kesejahteraan
sosial, dan dan harmonisasi terhadap hukum nasional dalam menjaga stabilitas hierarki
perundang-undangan. Impilkasi lainnya terlihat pada kontribusi Aksiologi Ilmu sebagai fondasi
kuat bagi kebijakan yang mencerminkan kebutuhan masyarakat. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan penelitian kepustakaan pada berbagai buku maupun jurnal yang bisa
dijadikan acuan pada perkembangan Qanun Aceh serta impementasinya.
Referensi
Aminullah, R., & Umam, M. (2020). Pancasila Sebagai Wawasan Nusantara. Journal Al-Allam, 1–16.
Annisa, H., & Najicha, F. U. (2021). Jurnal Global Citizen Wawasan Nusantara Dalam Memecahkan Konflik Kebudayaan Nasional. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 2, 40–48. Http://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Glbctz/Article/View/.
Burlian, P. (2020). Pemikiran Soekarno Dalam Perumusan Pancasila. Doctrinal, 5(2), 143–169. Https://Jurnal.Um-Palembang.Ac.Id/Doktrinal/Article/View/2907.
Chaniago, D. M., Humairah, U. R., & Satria, R. (2020). Nasionalisme. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(1). Https://Doi.Org/10.15548/Khazanah.V10i1.293.
Dewi Ratih, L., & Ulfatun Najicha, F. (2021). Wawasan Nusantara Sebagai Upaya Membangun Rasa Dan Sikap Nasionalisme Warga Negara : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 59–64. Http://Ejurnal.Unisri.Ac.Id/Index.Php/Glbctz/Article/View/.
Do, T. (2023). Jean Jacques Rousseau’s Concept Of Freedom And Equality In The Social Contract. In Trans/Form/Ação. Scielo Brasil. Https://Www.Scielo.Br/J/Trans/A/Cyj9ff7tzjdsmd5nb8vzwms/.
Duara, P. (2021). The Ernest Gellner Nationalism Lecture: Nationalism And The Crises Of Global Modernity. Nations And Nationalism, 27(3), 610–622. Https://Doi.Org/10.1111/Nana.12753.
Hidayat, R. (2023). Ketahanan Nasionalisme Generasi Muda Simeulue Di Era Globalisasi. Integralistik, 34(1), 13–19. Https://Doi.Org/10.15294/Integralistik.V34i1.39944.
Hiroshi, Y. (2021). Johann Gottfried Herder’s Folksong Project As A Pioneering Involvement In Intangible Cultural Heritage: Between Universalism and Nationalism. In Journal of The Faculty of Letters, The University of Tokyo. Https://Cir.Nii.Ac.Jp/Crid/1390853650601694336.
Ilham, T. (2021). Analisis Pemikiran Nasionalisme Hasan Al-Banna dan Relevansinya di Indonesia. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/Id/Eprint/14524.
Juliarni, E., & Zed, M. (2019). Sejarah Pemikiran Diplomatik: Konflik Indonesia-Belanda Pada Kmb dan Isu Yang Belum Terselesaikan. Jurnal Mahasiswa Ilmu Sejarah dan Pendidikan, 1(2), 12–26.
Kusumawardani, A., & Faturochman, F. (2004). Nasionalisme. Universitas Gadjah Mada, 7(1), 38–48.
Lestari, Sri Uji; Saraswati, Ufi; Muntholib, A. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Perjuangan Rakyat Sukorejo Kelas Xi di SMA Negeri 1 Sukorejo. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 13(2), 205–215.
Magno, V. (2021). From Reality Without Mysteries to The Mystery of The World: Marilena Chaui’s Reading of Spinoza’s Tractatus Theologico-Politicus. Philosophies. Https://Www.Mdpi.Com/2409-9287/6/2/45
Mulyati. (2020). Wawasan Nusantara Sebagai Sarana Pembangunan Nasional dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jantra, 15(1), 43–50.
Muslim. (2021). Menanamkan Nilai Persatuan dan Kesatuan Melalui Pembelajaran Sejarah. 02(1), 37–50. Https://Doi.Org/10.24042/Jhcc.V2i1.6486.
Muzayanah. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Mahasiswa Upaya Komitmen Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bela Negara. Pendidikan Kewarganegaraan Bagi Mahasiswa Upaya Komitmen Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (Nkri) dan Bela Negara, 8(1), 79–92. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jjpp.
Octavian, W. A., & Dianti, P. (2023). Nasionalisme dan Pancasila Perspektif Sukarno. Journal On Education, 5(3), 7553–7562. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1512.
Rachmawati, F. (2020). Kritik Terhadap Konsep Ideologi Komunisme Karl Marx. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (Jsai). Https://Www.Journal.Ar-Raniry.Ac.Id/Index.Php/Jsai/Article/View/424.
Rumbekwan, M., & Tanamal, N. A. (2023). Peran Perempuan dalam Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 48(2), 203–212. Https://Doi.Org/10.33701/Jipwp.V48i2.3081.
Salazar, G. D. (2021). The Hanna Arendt’s Contributions To The State Theory In The Work The Origins Of Totalitarianism. Tja.Ucb.Edu.Bo, 5(9), 41–52. Https://Tja.Ucb.Edu.Bo/Wp-Content/Uploads/2021/08/Los-Aportes-De-Hanna-Arendt-A-La-Teoria-Del-Estado-En-Su-Obra-Los-Origenes-Del-Totalitarismo.Pdf.
Samingan, & Roe, Y. T. (2020). Kajian Pemikiran Soekarno di Ende 1934-1938. Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya dan Pengajarannya, 14(2), 98–107. Https://Doi.Org/10.17977/Um020v14i22020p98.
Santoso, G., Abdulkarim, A., Maftuh, B., & Murod, M. (2023). Kajian Ketahanan Nasional Melalui Geopolitik dan Geostrategi Indonesia Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01), 184–196.
Sudjana, S. (2019). Hakikat Konsepsi Ketahanan Nasional di Bidang Ekonomi Sebagai Geostrategi Indonesia Melalui Pendekatan Kesejahteraan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 1–10. Https://Doi.Org/10.24269/Jpk.V4.N2.2019.Pp1-10.
Susdarwono, E. T. (2020). Ketahanan Nasional dengan Ditumpukan Pada Pembangunan dan Pembaharuan Pendidikan Paska Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia, 8(3), 29–45.
Widiastuti, N. E. (2022). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2). Https://Doi.Org/10.52483/Ijsed.V3i2.44.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Filsafat Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.