Nilai-Nilai Pendidikan: Khazanah Pemikiran Plato dan Relevansinya Dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi
Educational Values: Plato's Treasure of Thought and Its Relevance to the Tri Dharma of Higher Education
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v7i3.76477Kata Kunci:
nilai, pendidikan, Plato, tri dharma, perguruan tinggiAbstrak
Nilai-nilai pendidikan sangat penting bagi seluruh umat manusia. Sudah menjadi keniscayaan bahwa pendidikan tidak hanya digunakan untuk mencapai IQ (Intelligence Quotient), namun EQ (Emotional Quotient) juga menjadi prioritas. Maka, tidak mengherankan jika Plato sejak 400 tahun SM. telah mengawali sedemikian rupa bagaimana pendidikan diselenggarakan oleh orang yang mengajar dan siswa yang diajar agar keduanya mencapai ilmu yang hakiki. Penyusunan artikel ini dengan metode penelitian Library Research melalui pendekatan deskritif kualitatif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang nilai pendidikan khususnya dikalangan perguruan tinggi melalui teori pemikiran Plato. Sumber-sumber yang digunakan tentunya melalui beberapa buku, artikel ilmiah, dan dokumen lain yang membahas tentang Academic Values yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pemikiran Plato. Hal inilah yang menginspirasi Perguruan Tinggi untuk bisa menduduki peringkat teratas strata pendidikan Indonesia dengan wujudnya melalui Tri Dharma. Ada pula jika kedua sumber yang mengandung nilai-nilai akademis itu bisa dilaksanakan secara paripurna, maka akan menghasilkan orang-orang yang bersumber dari civitas akademika yang dicap sebagai akademisi yang bijaksana.
Referensi
Anshari, R.A. Muhajir.2016, Strategi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pustaka, Vol. 4 No. 2
Anwar, M. Filsafat Pendidikan. 2015 Jakarta : Kencana
Azhar, M. 1999, Filsafat Plato : Tentang Idea Hermeneutika dan Internet, Jurnal IDEA, Vol. 5 No. 12
Barnet Sylvian, dan Breman, Morton. 1992, An Intoduction To Literarature, Philadelphia : Longman
Berterns, K. 1975, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius
Boang, Konrad Kebung. 1997 Plato jalan pengetahuan yang benar, Yogyajarta : Kanisius
Chaplin, P. 1993, Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini-Kartono (Jakarta, Raja Grafindo Persada
Chudzaifah, Ibnu. 2021, Tridharma Perguruan Tinggi : Sinergitas Akademisi dan Masyarakat Dalam Membangun Peradaban, Jurnal Al-Khidmah, Vol. 1 No. 1
Fathoni, A.B. Musyafa’.2010, Idealisme Pendidikan Plato, Jurnal Tadris, Vol. 5 No.1
Gardner, Jostein. 2018, Sophie World terj. Rahmana Astuti, Bandung : Penerbit Mizan,
Hadiwiyono, Harun. 1980 Sari Sejarah Filsafat Barat 1 Yogyakarta: Kanisius
Hakim, Abdul. 2010, Negara dalam Perspekif Plato, Vol. 9 No.1, Jurnal Imu Ushuuddin
Hatta, M. 1980, Alam Pikiran Yunani, Jakarta : Tintamas :
Lian, Bukman. 2019, Tanggung Jawab Perguruan Tinggi, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang
Nulhaqim, Soni Akhmad. 2015, Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk menghadapi Asean Community, Vol. 6 No. 2
Nurgiansah, T. Heru. 2020, Filsafat Pendidikan Banyunmas : CV Pena Persada
Ozmon H. dan M.C. Samuel. 2003, Philosophical Foundation of Education, Sydney : Meril Publishing Company
Ozmon, Howard A. and Craver, Samuel M. Philosophical Foundation of Education, 1986 Toronto : Meril Publishing Company
Rapar, J.H. 1991, Filsafat Politik Plato, Jakarta : Rijawali
Rusdiana dan Zakiyah. 2014, Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Pustaka Setia
Schmandt, Henry J. 2005, Filsafat Politik Kajian Historis dari Zaman Yunani Kuno Sampai Zaman Modern, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Sedyati, Retna Ngesti. 2022, Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi, Vol. 16 No. 1, Jurnal Pendidikan Ekonomi
Straithern, Paul. 1996, PLATO in 90 Minutes, London : Constable Company
Syar’i, Ahmad. 2005, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Firdaus
Thoha, M. Chabib. 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam , Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yuliawati, Sri. 2012, Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia, Jurnal Widya
Yusron M.E.Y, M. 2022, Konsep Pendidikan Meneurut Plato dan Ibnu Miskawaih, Vol. 3 No. 1, Jurnal El-Fikr
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Filsafat Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.