Nilai-Nilai Pendidikan: Khazanah Pemikiran Plato dan Relevansinya Dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Educational Values: Plato's Treasure of Thought and Its Relevance to the Tri Dharma of Higher Education

Penulis

  • Muhammad Irsyad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yuli Choirul Uma UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v7i3.76477

Kata Kunci:

nilai, pendidikan, Plato, tri dharma, perguruan tinggi

Abstrak

Nilai-nilai pendidikan sangat penting bagi seluruh umat manusia. Sudah menjadi keniscayaan bahwa pendidikan tidak hanya digunakan untuk mencapai IQ (Intelligence Quotient), namun EQ (Emotional Quotient) juga menjadi prioritas. Maka, tidak mengherankan jika Plato sejak 400 tahun  SM.  telah  mengawali sedemikian rupa bagaimana pendidikan diselenggarakan oleh orang yang mengajar dan siswa yang diajar agar keduanya mencapai ilmu yang hakiki. Penyusunan artikel ini dengan metode penelitian Library Research melalui pendekatan deskritif kualitatif.  Penelitian ini  memberikan pemahaman yang  mendalam tentang  nilai  pendidikan khususnya dikalangan perguruan tinggi melalui teori pemikiran Plato. Sumber-sumber yang digunakan tentunya melalui beberapa buku, artikel ilmiah, dan dokumen lain yang membahas tentang Academic Values yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pemikiran  Plato.  Hal  inilah  yang  menginspirasi  Perguruan  Tinggi  untuk  bisa  menduduki peringkat teratas strata pendidikan Indonesia dengan wujudnya melalui Tri Dharma. Ada pula jika kedua sumber yang mengandung nilai-nilai akademis itu bisa dilaksanakan secara paripurna, maka akan menghasilkan orang-orang yang bersumber dari civitas akademika yang dicap sebagai akademisi yang bijaksana.

Referensi

Anshari, R.A. Muhajir.2016, Strategi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik, Jurnal Pustaka, Vol. 4 No. 2

Anwar, M. Filsafat Pendidikan. 2015 Jakarta : Kencana

Azhar, M. 1999, Filsafat Plato : Tentang Idea Hermeneutika dan Internet, Jurnal IDEA, Vol. 5 No. 12

Barnet Sylvian, dan Breman, Morton. 1992, An Intoduction To Literarature, Philadelphia : Longman

Berterns, K. 1975, Sejarah Filsafat Yunani, Yogyakarta : Kanisius

Boang, Konrad Kebung. 1997 Plato jalan pengetahuan yang benar, Yogyajarta : Kanisius

Chaplin, P. 1993, Kamus Lengkap Psikologi, terj. Kartini-Kartono (Jakarta, Raja Grafindo Persada

Chudzaifah, Ibnu. 2021, Tridharma Perguruan Tinggi : Sinergitas Akademisi dan Masyarakat Dalam Membangun Peradaban, Jurnal Al-Khidmah, Vol. 1 No. 1

Fathoni, A.B. Musyafa’.2010, Idealisme Pendidikan Plato, Jurnal Tadris, Vol. 5 No.1

Gardner, Jostein. 2018, Sophie World terj. Rahmana Astuti, Bandung : Penerbit Mizan,

Hadiwiyono, Harun. 1980 Sari Sejarah Filsafat Barat 1 Yogyakarta: Kanisius

Hakim, Abdul. 2010, Negara dalam Perspekif Plato, Vol. 9 No.1, Jurnal Imu Ushuuddin

Hatta, M. 1980, Alam Pikiran Yunani, Jakarta : Tintamas :

Lian, Bukman. 2019, Tanggung Jawab Perguruan Tinggi, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang

Nulhaqim, Soni Akhmad. 2015, Peranan Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk menghadapi Asean Community, Vol. 6 No. 2

Nurgiansah, T. Heru. 2020, Filsafat Pendidikan Banyunmas : CV Pena Persada

Ozmon H. dan M.C. Samuel. 2003, Philosophical Foundation of Education, Sydney : Meril Publishing Company

Ozmon, Howard A. and Craver, Samuel M. Philosophical Foundation of Education, 1986 Toronto : Meril Publishing Company

Rapar, J.H. 1991, Filsafat Politik Plato, Jakarta : Rijawali

Rusdiana dan Zakiyah. 2014, Pendidikan Nilai: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: Pustaka Setia

Schmandt, Henry J. 2005, Filsafat Politik Kajian Historis dari Zaman Yunani Kuno Sampai Zaman Modern, Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Sedyati, Retna Ngesti. 2022, Perguruan Tinggi Sebagai Agen Pendidikan dan Agen Pertumbuhan Ekonomi, Vol. 16 No. 1, Jurnal Pendidikan Ekonomi

Straithern, Paul. 1996, PLATO in 90 Minutes, London : Constable Company

Syar’i, Ahmad. 2005, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Firdaus

Thoha, M. Chabib. 1996, Kapita Selekta Pendidikan Islam , Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yuliawati, Sri. 2012, Kajian Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia, Jurnal Widya

Yusron M.E.Y, M. 2022, Konsep Pendidikan Meneurut Plato dan Ibnu Miskawaih, Vol. 3 No. 1, Jurnal El-Fikr

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Terbitan

Bagian

Articles