Konsep Parhyangan dalam Mengurangi Kecurangan Akuntansi pada Tekanan Situasional di LPD Kabupaten Buleleng

Authors

  • Gede Widiadnyana Pasek Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ni Luh De Erik Trisnawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

DOI:

https://doi.org/10.23887/jia.v4i2.21403

Abstract

Penelitian ini dilakukan di LPD Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali yang bertujuan untuk mengetahui perbedaaan perilaku kecurangan akuntansi antara yang diberikan perlakuan tekanan situasional dengan yang tidak diberikan perlakuan tekanan situasional dengan meninjau konsep parhyangan. Konsep parhyangan yang dioperasionalisasikan dibagi menjadi dua ketegori, yaitu yang memiliki konsep parhyangan rendah dan yang memiliki konsep parhyangan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis ANAVA dua jalur. Hasil dari peneltian ini adalah terdapat perbedaaan perilaku kecurangan akuntansi antara subyek yang diberikan perlakuan tekanan situsional dengan yang tidak diberikan tekanan situasional dan terdapat perbedaan perilaku kecurangan akuntansi antara yang memiliki konsep parhyangan rendah dengan yang memilki konsep parhyangan tinggi

References

Dorminey, J., Flemming, A. S., Kranacher, M.-J., & Riley, R. A. (2010). Beyond the Fraud Triangle Enhancing Deterrence of Economic Crimes. The CPA Journal.

Dorminey, J., Scott Fleming, A., Kranacher, M. J., & Riley, R. A. (2012). The evolution of fraud theory. Issues in Accounting Education. https://doi.org/10.2308/iace-50131

IAI. (2004). Standar Pemeriksan Akuntan Publik.

Mudiarta. (2018). Bali Post.

Rachmi, F. (2010). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi.

Skousen, C. J., Smith, K. R., & Wright, C. J. (2009). Detecting and predicting financial statement fraud: The effectiveness of the fraud triangle and SAS No. 99. Advances in Financial Economics. https://doi.org/10.1108/S1569-3732(2009)0000013005

Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, H. U. (2006). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap sikap etis mahasiswa akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan). Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang.

Wahab, A., & Umiarso. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kcerdasan Spritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Zohar & Marshall. (2000). SQ: Spiritual intelligence: The ultimate intelligence. Psychology and Psychotherapy.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). Memanfaatkan Kecerdasan Spritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk memaknai Kehidupan. diterjemahkan oleh Rahmi Astuti, ahmad Najib, Baiquni. Bandung: Mizan.

Downloads

Published

2019-12-31

Issue

Section

Artikel