SENA SAKTI (Sekolah Bencana; Siaga, Aksi dan Mitigasi)
Main Article Content
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis penanggulangan bencana tanah longsor berbasis komunitas sekolah dasar, (2) untuk menyusun strategi penyampaian pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana, (3) untuk mengetahui metode yang digunakan guru untuk memberikan pemahaman tentang bencana tanah longsor dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian melalui sumber empirik dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi dokumen, observasi dan wawancara kepada stakeholder terkait yaitu salah satu kepala sekolah dasar di Desa Gitgit. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penanggulangan bencana longsor di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan membentuk komunitas yang terdiri dari (1) agen sosialisasi bencana, (2) agen pertolongan pertama, (3) agen informasi dan komunikasi pasca bencana. sedangkan strategi pengetahuan dan keterampilan mtigasi bencana dilakukan dengan pelatihan keterampilan pertolongan pertama, pembentukan komunitas dan simulasi bencana. Pemahaman tentang bencana longsor diberikan kepada siswa dilakukan terintegrasi pembelajaran di kelas serta memasukkan peran kearifan lokal yang mendukung sebagai upaya dalam memanfaatkan kearifan lokal.
Kata kunci: Komunitas, Sekolah Dasar, dan tanah longsor
Article Details
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)