PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU GEOGRAFI SMA

Main Article Content

Usup Setiawan
Enok Maryani
Nandi Nandi

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan antara pemahaman materi ajar (content knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang perlu dimiliki oleh seorang pengajar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pemahaman guru geografi SMA 1 Kota Banda Aceh dalam Pedagogical Content Knowledge. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk menganalisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru geografi SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa angket dengan menggunakan skala pengukuran Likert, kemudian dilanjutkan wawancara dan diperkuat dengan pemeriksaan dokumen dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan guru tentang Pedagogical Content Knowledge sudah memenuhi kriteria, ini terbukti bahwa dari tujuh aspek PCK guru ada enam aspek yang bisa dikuasai oleh guru yaitu pengetahuan tentang strategi pembelajaran, pengetahuan materi, pengetahuan komunikasi dengan peserta didik dan pengetahuan penilaian dan evaluasi, pengetahuan tentang peserta didik dan karakteristiknya dan pengetahuan tentang pengembangan kurikulum, serta aspek PCK guru yang belum difahami yaitu pengetahuan tentang pengembangan potensi peserta didik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu pendidikan geografi mengembangkan pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme guru geografi.

Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Geografi, SMAN 1 Kota Banda Aceh

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Usup Setiawan, Universitas Pendidikan Indonesia

pendidikan geografi

Enok Maryani, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Geografi

Nandi Nandi, Universitas Pendidikan Indonesia

Pendidikan Geografi

References

An, S., Kulm, G., & Wu, Z. (2004). The Pedagogical Content Knowledge of Middle School, Mathematics Teachers in China and the U. S. Journal of Mathematics Teacher Education 7:145–172.

Anwar, Y., Rustaman,Y. N., & Widodo,A. (2014). Hypothetical Model to Developing Pedagogical Content Knowledge (PCK) Prospective Biology Teachers in Consecutive Approach. International Journal of Science and Research (IJSR) Volume 3, Issue 12, Page 138-143.

Friedrichsen, P.M & Dana T. M. (2005). Substantive-Level Theory of Highly Regarded Secondary Biology Teachers’ Science Teaching Orientations. Journal Of Research In Science Teaching VOL. 42, NO. 2, PP. 218–244 (2005)

Hill, H. C., Ball, D. L., & Schilling, S. G. (2008). Unpacking Pedagogical Content Knowledge: Conceptualizing anf Measuring Teachers‘ Topic-Specific Knowledge of Students. Journal for Research in Mathematics Education Vol. 39 No. 4, 372-400.

Irwantoro Nur & Yusuf Suryana (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan & Penilaian Kinerja Guru. Genta Group Production.

Kim, G. (2004). The Pedagogical Content Knowledge Of Two Middle‐School Mathematics Teachers. A Dissertation Submitted to the Graduate Faculty of The University of Georgia in Partial Fulfillment of the Requirements for the Degree.

Loughran, J., Mulhall, P., & Berry, A. (2008). Exploring Pedagogical Content Knowledge in Science Teacher Education. International Journal of Science Educ

Margiyono, I., & Mampouw, H. L. (2011). Deskripsi Pedagogical Content Knowledge Guru Pada Bahasan Tentang Bilangan Rasional. Proceeding International Seminar and the Fourth National Conference on Mathematics EducationDepartment of Mathematics Education, Yogyakarta State University Yogyakarta, July 21-23 2011, Page 133-144.

Mukhtar, dkk, (2001). Mengukir Prestasi Panduan Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Misaka Galiza. ation.30:10,1301 — 1320.

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tanggal 4 Mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rollnick, M., Bennett, J., Rhemtula, M., Dharsey, N., & Ndlovu, T. (2008). The Place of Subject Matter Knowledge in Pedagogical Content Knowledge: A case study of South African teachers teaching the amount of substance and chemical equilibrium. International Journal of Science Education. 30(10),1365 — 1387.

Shulman, L.S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational Researcher. 15(2), 4–14.

Shulman, L. (1987). Knowledge and Teaching: Foundations Of The New Reform. Harvard Educational Review. 57(1), 1-22.

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatid dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Turnuklu, E. B., & Yesildere, S. (2007). The Pedagogical Content Knowledge in Mathematics: Preservice Primary Mathematics Teachers‘ Perspectives in Turkey. IUMPST: The Journal, Vol 1 (Content Knowledge), page 1-13.