Hubungan Antara Lokasi Sekolah terhadap Metode Mengajar Guru dan Hasil Ujian Nasional Geografi

Main Article Content

Arvina Meyzilia
Darsiharjo Darsiharjo
Mamat Ruhimat

Abstract

Lokasi sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa. Sekolah yang terletak di desa dan di kota memiliki hasil belajar yang berbeda. Sekolah yang terletak di kota memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada sekolah yang terletak di desa (Musa, 2013; Owoeye dan Yara, 2011). Selain itu, penelitian Olurotimi, dkk (2013) melaporkan bahwa ada perbedaan efektifitas mengajar guru di desa dan di kota sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pengukuran hasil belajar yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan Ujian Nasional (UN). Geografi merupakan salah satu mata pelajaran peminatan yang diikut sertakan dalam UN. Berdasarkan penilaian Puspendik, hasil UN Geografi di Kabupaten Bangka tahun 2017 tergolong dalam kategori sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskritif. Sampel penelitian yaitu seluruh SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (2) Tidak ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap metode mengajar guru geografi SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (3) Tidak ada hubungan positif antara metode mengajar guru terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017.

Article Details

Section
Articles

References

Anas, Azwar Yusran, dkk. 2014. Desa dan Kota dalam Potret Pendidikan. PROSIDING KS: RISET & PKM. Volume 2, Nomor 3, Halaman 301-444, ISSN: 2442-4480.

McCracken dan Barcinas. 1991. Differences Between Rural and Urban Schools, Student Characteristics, and Student Aspirations in Ohio. Journal of Research in Rural Education, Winter, 1991, Vol. 7, No.2, pp. 29-40.

Musa, Alice, K.J. 2013. Gender, Geography Locations, and achievement goals and academic performance of secondary school students from Borno State, Nigeria. Research in Education, Number 90. http://dx.doi.org/10.7227/RIE.90.1.2.

Olusola, dkk. (2014). Impact of School Location on Academic Achievement of Science Students in Senior Secondary School Certificate. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 9, ISSN 2250-3153.

Olurotimi, Ogunlade Joseph, dkk. 2013. Teacher Distribution Pattern as Determinant of Effective Teaching and Learning in Nigeria Secondary Schools. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2013): 6.14. Impact Factor (2013): 4.43.

Owoeye, Joseph Sunday dan Yara, Philias Olatunde. 2011. School Location and Achievement of Secondary School in Ekiti State, Nigeria. Jurnal Asian Social Science. Volume 7, Nomor 5. www.ccsenet.org/ass

Ruhimat, Mamat. 2016. Geografi Penduduk. Yogyakarta: Ombak.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo