Hubungan Antara Lokasi Sekolah terhadap Metode Mengajar Guru dan Hasil Ujian Nasional Geografi
Main Article Content
Abstract
Lokasi sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa. Sekolah yang terletak di desa dan di kota memiliki hasil belajar yang berbeda. Sekolah yang terletak di kota memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada sekolah yang terletak di desa (Musa, 2013; Owoeye dan Yara, 2011). Selain itu, penelitian Olurotimi, dkk (2013) melaporkan bahwa ada perbedaan efektifitas mengajar guru di desa dan di kota sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pengukuran hasil belajar yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan Ujian Nasional (UN). Geografi merupakan salah satu mata pelajaran peminatan yang diikut sertakan dalam UN. Berdasarkan penilaian Puspendik, hasil UN Geografi di Kabupaten Bangka tahun 2017 tergolong dalam kategori sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskritif. Sampel penelitian yaitu seluruh SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (2) Tidak ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap metode mengajar guru geografi SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (3) Tidak ada hubungan positif antara metode mengajar guru terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017.
Article Details
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
References
Anas, Azwar Yusran, dkk. 2014. Desa dan Kota dalam Potret Pendidikan. PROSIDING KS: RISET & PKM. Volume 2, Nomor 3, Halaman 301-444, ISSN: 2442-4480.
McCracken dan Barcinas. 1991. Differences Between Rural and Urban Schools, Student Characteristics, and Student Aspirations in Ohio. Journal of Research in Rural Education, Winter, 1991, Vol. 7, No.2, pp. 29-40.
Musa, Alice, K.J. 2013. Gender, Geography Locations, and achievement goals and academic performance of secondary school students from Borno State, Nigeria. Research in Education, Number 90. http://dx.doi.org/10.7227/RIE.90.1.2.
Olusola, dkk. (2014). Impact of School Location on Academic Achievement of Science Students in Senior Secondary School Certificate. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 9, ISSN 2250-3153.
Olurotimi, Ogunlade Joseph, dkk. 2013. Teacher Distribution Pattern as Determinant of Effective Teaching and Learning in Nigeria Secondary Schools. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2013): 6.14. Impact Factor (2013): 4.43.
Owoeye, Joseph Sunday dan Yara, Philias Olatunde. 2011. School Location and Achievement of Secondary School in Ekiti State, Nigeria. Jurnal Asian Social Science. Volume 7, Nomor 5. www.ccsenet.org/ass
Ruhimat, Mamat. 2016. Geografi Penduduk. Yogyakarta: Ombak.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo