Implementasi Program Pembinaan Propesional Untuk Meningkatkan Perubahan Perilaku Dan Kemampuan Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Binaan

Main Article Content

Kasrip Budijanto

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan perubahan perilaku profesional dan kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran bahasa Indonesia melalui program pembinaan profesional di SMK binaan. Subjek penelitian ini ialah 20 guru mata pelajaran bahasa Indonesia di 11 SMK binaan Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan prosedur dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi kunjungan kelas dan telaah perangkat pembelajaran. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk matriks tabulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan profesional adalah perubahan perilaku dari guru analitik, guru tak fokus, dan guru gagal berubah menjadi guru profesional. Kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran mengalami peningkatan. Indikatornya, prasiklus kategori kurang, siklus I kategori baik, dan siklus II kategori amat baik.

Article Details

Section
Articles