Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning

Main Article Content

Nyoman Suryani

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan pada semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,80 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 24,00% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 77,12 dengan ketuntasan belajar 72,00% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 82,08 dengan ketuntasan belajar 100%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, S. 2004. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin, H. & Wahyuni, E. N. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

BSNP. 2006. Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Asa Mandiri.

Budiningsih, C. A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas, 2003. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.

Djamarah, S. B. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Etin Solihatin, Raharjo. 2008. Cooperatif Learning Analisa Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara.

Koesharimanto. 2008. Konstruktivisme-6 Keunggulan Penggunaan Pandangan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Artikel WordPress. Tersedia pada http://pembelajaranguru. Wordpress.com/2008/05/31/konstruktivisme-6 ke unggulan-penggunaan-pandangan-konstruktivisme-dalam pembelajaran/, diakses pada tanggal 26 Juli 2013.

Nurkancana, W. & Sunartana, P. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Suhardjono. 2010. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Suyadi. 2010. Pemaduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Wina Sanjaya, H. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.