Optimalisasi Metode Diskusi Interaktif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PKn

Main Article Content

I Made Sudarpa

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A4 di SMP Negeri 3 Sawan pada semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 69,67 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 40,74% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 72,96 dengan ketuntasan belajar 66,67% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 77,96 dengan ketuntasan belajar 100%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa metode pembelajaran Diskusi Interaktif mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIA4 di SMP Negeri 3 Sawan.

Article Details

Section
Articles

References

Azwar, Saifuddin. (2005). Dasar-dasar Psikometri. Cetakan kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, Saifuddin. (2005). Reliabilitas & Validitas. Cetakan kelima. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Depdiknas. 2002. Contextual Teaching And Learning. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Penjaminan Mutu Pendidik.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Muslich, Masnur. 2011. Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasution, S. 1995. Berbagai pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara

Nurkancana, Wayan dan P.P.N. Sunartana. 1990. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Poerwadarminta, W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Slameto. 1995. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardjono, Suparno, Supardi, Abdul Azis Hoeseini. 2009. Publikasi Ilmiah. Batu: Cakrawala Indonesia.

Suhardjono. 2011. Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas & Tindakan Sekolah. Malang: Cakrawala Indonesia.

Surya, Mohammad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suyadi. 2010. Pemaduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Tjundjing, Sia. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol. 17. No.1.