Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Optimalisasi Penerapan Manajemen Peserta Didik

Main Article Content

I Wayan Aryawan

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan tentang bagaimana peningkatan kualitas pelayanan pendidikan melalui optimalisasi penerapan manajemen peserta didik. Tujuan dari penelitian yaitu untuk memberikan deskripsi dan masukan kepada semua pihak yang terkait utamanya sekolah tentang pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik yang optimal sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan  studi kepustakaan. Teori-teori diambil dari buku literatur, jurnal dan media online yang mendukung dan relevan dengan permasalahan yang dibahas. Simpulan dari penelitian yaitu optimalisasi penerapan manajemen peserta didik dapat dilakukan dengan baik jika manajemen peserta didik dilaksanakan sesuai dengan jenis-jenis kegiatan utama yang disyaratkan yaitu perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi peserta didik. Kegiatan ini juga dapat berjalan optimal jika didukung oleh sarana prasarana yang memadai di sekolah dan didukung pula oleh kepemimpinan kepala sekolah serta kerjasama yang baik antar elemen sekolah seperti guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan komite sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Adnan, dkk. 2017. Efektivitas Manajemen Kesiswaan Pada SMP Negeri 3 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syaiah Kuala. Vol.5 No.4, hal. 229-234.

Amelia, Rizki. 2018. Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTs N 2 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Annas, Annisa Nuraisyah. 2017. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5 No.2, hal 132-142.

Daryanto dan Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Engkoswara & Komariah, Aan. 2010. Administrasi Pendidikan. Cet. Pertama. Bandung: Alfabeta.

Junaedi. 2015. Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik pada MAN Beringin Kota Sawahlunto. Jurnal Al-Fikrah. Vol. 3 Vol. 1, hal 37-46.

Lestari, Puji, dkk. 2018. Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Vol 4 No.2, hal 1-10.

Prihatin, Eka. 2011. Teori Administrasi Pendidikan. Cet. Pertama. Bandung: Alfabeta.

Putra. Adi. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). Jurnal Of Islamic Education Management. Vol. 2 No.2, hal. 1-15.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Cet. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Cet. Ke-20. Bandung: Alfabeta.

Suheli. 2018. Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan. Vol. 6 No. 2, hal. 207-221.

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Ofset.