Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Optimalisasi Penerapan Manajemen Peserta Didik
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas permasalahan tentang bagaimana peningkatan kualitas pelayanan pendidikan melalui optimalisasi penerapan manajemen peserta didik. Tujuan dari penelitian yaitu untuk memberikan deskripsi dan masukan kepada semua pihak yang terkait utamanya sekolah tentang pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik yang optimal sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan studi kepustakaan. Teori-teori diambil dari buku literatur, jurnal dan media online yang mendukung dan relevan dengan permasalahan yang dibahas. Simpulan dari penelitian yaitu optimalisasi penerapan manajemen peserta didik dapat dilakukan dengan baik jika manajemen peserta didik dilaksanakan sesuai dengan jenis-jenis kegiatan utama yang disyaratkan yaitu perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi peserta didik. Kegiatan ini juga dapat berjalan optimal jika didukung oleh sarana prasarana yang memadai di sekolah dan didukung pula oleh kepemimpinan kepala sekolah serta kerjasama yang baik antar elemen sekolah seperti guru, tenaga kependidikan, peserta didik, dan komite sekolah.
Article Details
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
References
Adnan, dkk. 2017. Efektivitas Manajemen Kesiswaan Pada SMP Negeri 3 Sakti Kabupaten Pidie. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syaiah Kuala. Vol.5 No.4, hal. 229-234.
Amelia, Rizki. 2018. Implementasi Manajemen Peserta Didik di MTs N 2 Bandar Lampung. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Annas, Annisa Nuraisyah. 2017. Manajemen Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Spiritual Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 5 No.2, hal 132-142.
Daryanto dan Farid. 2013. Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Engkoswara & Komariah, Aan. 2010. Administrasi Pendidikan. Cet. Pertama. Bandung: Alfabeta.
Junaedi. 2015. Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik pada MAN Beringin Kota Sawahlunto. Jurnal Al-Fikrah. Vol. 3 Vol. 1, hal 37-46.
Lestari, Puji, dkk. 2018. Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial. Vol 4 No.2, hal 1-10.
Prihatin, Eka. 2011. Teori Administrasi Pendidikan. Cet. Pertama. Bandung: Alfabeta.
Putra. Adi. 2016. Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). Jurnal Of Islamic Education Management. Vol. 2 No.2, hal. 1-15.
Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Cet. Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Cet. Ke-20. Bandung: Alfabeta.
Suheli. 2018. Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan. Vol. 6 No. 2, hal. 207-221.
Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi Ofset.