ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP FASILITAS PEMBANGUNAN DI PERUMAHAN GRAHA ASRI, KELURAHAN BANYUASRI

Amirul Ikram

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fasilitas pembangunan perumahan, dan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap fasilitas pembangunan di perumahan Graha Asri. Rancangan penelitian menggunakan rancangan deskriptif dengan metode studi kasus. Penentuan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam, dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumahan Graha Asri yang bertempat di Kelurahan Banyuasri memiliki fasilitas yang memadai dan terbilang cukup baik. Diantara fasilitas-fasilitas yang disediakan di perumahan tersebut berupa jalan yang memadai, jaringan listrik, penerangan umum, jaringan air bersih dan sistem drainase. Sedangkan untuk tingkat kepuasaan terhadap fasilitas yang di sediakan, masyarakat perumahan Graha Asri memiliki kurve yang menyatakan puas.

Full Text:

PDF

References


Adrian, A. (2015). Lingkungan Rumah Ideal. In IPLBI. Bandung.

Ghani, R., Jaffar, M., & Daud, M. Y. M. (2014). Faktor-Faktor Penentu Kepuasan Perumahan yang Memberi Kesan Terhadap Gelagat Pembayaran CAJ Perkhidmatan Bagi Perumahan Bertingkat. Intelek, 9(1), 52–62.

Pamungkas, Hari Bagyo Enggal. Harianto, Feri. (2012). Analisis Kualitas Perumahan Mutiara Regency Sidoarjo. IPTEK, 16(1), 1–8.

Hartanto, Try. No Title. Perumahan Casa Grande di Yogyakarta.

Ilhamdaniah. (n.d.). Kajian Pengembangan Lahan Untuk Kawasan Perumahan Kota Bandung Ditinjau Dari Aspek Status Kepemilikan Tanah Dan Prefensi Pengembangan Perumahan. Bidang Rekayasa, 8(2), 243–252.

Permukiman dalam UU No.1 tahun 2011.

Sugiono. (2004). Metode Penelitian.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v1i1.20168

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v1i1.20168.g12195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :

Universitas Pendidikan Ganesha



Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial indexed by:

Crossref



Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.