Julah: Desa Bali Mula di Tengah Arus Globalisasi

Main Article Content

I Kadek Sandiase
I Wayan Wahyu Indra Sari

Abstract

Penelitian dilaksanakan di Desa Julah dengan tujuan untuk mengkaji mengenai kehidupan masyarakat di Desa Julah sebagai salah satu desa kuno di Bali, mengetahui kebudayaan-kebudayaan yang terdapat di Desa Julah yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan peninggalan-peninggalan peradaban pada zaman megalitikum yang ada di Desa Julah. Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif yang di dapatkan dari para narasumber mengenai kajian tentang peradaban yang terdapat di Desa Julah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Julah merupakan salah satu desa kuno yang ada di Bali yang hingga kini masih tetap mempertahankan kebudayaanya yang telah di wariskan oleh leluhur. Kebudayaan tersebut meliputi bentuk bangunan, tari sacral dan adat istiadat lainnya yang tidak di temukan di desa kuno manapun.

Article Details

Section
Articles

References

Oris, R. 2012. Sifat Religius Masyarakat Pedesaan Bali. Denpasar: Udayana University Press Rabu Umanis, 26 Maret 2003).

KKN Julah. 2015. Desaku Desa Tradisional Julah. Makalah. http://kknjulah.blogspot.com/2014/11/desaku-desa-tradisional-julah.html (diakses 3 april 2015).

Gede Komang. 2015. Desa Julah Buleleng, Bali Mula Yang Tak Mengenal Soroh. Singaraja. http ://disbu.bulelengkab.go.id/artikel/desa-julah-buleleng-bali-mula-yang-tak-mengenal-soroh-16 (diakses 5 april 2015).