Penerapan Kepemimpinan Asta Brata dalam Pendidikan dari Sudut Pandang Teori Konflik

Main Article Content

I Wayan Aryawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan berlandaskan filosofi Asta Brata dalam pendidikan dari sudut pandang Teori Konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu filosofi Asta Brata merupakan filosofi yang menuntun seorang pemimpin memiliki sifat dari delapan dewa dalam agama Hindu yang terdiri dari Indra Brata, Yama Brata, Surya Brata, Candra Brata, Bayu Brata, Kuwera Brata, Baruna Brata, dan Agni Brata. Kepemimpinan Asta Brata dari sudut pandang teori konflik merupakan konsep kepemimpinan yang dapat digunakan sebagai peredam konflik. Pemimpin dalam hal ini kepala sekolah seharusnya memiliki sifat kedewataan sehingga dapat lebih bijaksana dalam menjalankan kepemimpinannya di lingkungan sekolah. Dengan sifat kedewataan yang diterapkan diharapkan konflik yang terjadi dapat dikelola menjadi konflik ke arah yang positif sehingga apa yang menjadi visi, misi dan tujuan sekolah dapat tercapai.

Article Details

Section
Articles

References

Brata, T. (2011). Peran Kepemimpinan Dalam Mengendalikan Konflik. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 7(4), 56–64. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/download/4282/3956

Diharjo, S. M. (2019). Dinamika Perubahan Sosial dalam Teori Konflik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 5(1), 1–17. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/259

Komara, E. (2019). Teori Sosiologi dan Antropologi (1st ed.). PT. Refika Aditama.

Manik, J. (2013). Kekuasaan Dan Kepemimpinan Sebagai Proses Sosial Dalam Bermasyarakat. Society, 1(1). Bangka Belitung University. https://www.neliti.com/publications/130355/

Maunah, B. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Konflik. Cendikia: Journal of Education and Teaching, 9(1), 71. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.53

Sidharta. (2010). Kepemimpinan Hindu Asta Brata dan Nasehat Sri Rama Lainnya. Paramitha.

Sudarmiati, N. (2020). Landasan Ajaran Asta Brata Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMA N 7 Luwu Timur. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/96

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271

Tualeka, M. W. N. (2017). Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern. Al-Hikmah, 3(1), 32–48. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah/article/view/409

Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (4th ed.). Bumi Aksara.