Penerapan Kepemimpinan Asta Brata dalam Pendidikan dari Sudut Pandang Teori Konflik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kepemimpinan berlandaskan filosofi Asta Brata dalam pendidikan dari sudut pandang Teori Konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini yaitu filosofi Asta Brata merupakan filosofi yang menuntun seorang pemimpin memiliki sifat dari delapan dewa dalam agama Hindu yang terdiri dari Indra Brata, Yama Brata, Surya Brata, Candra Brata, Bayu Brata, Kuwera Brata, Baruna Brata, dan Agni Brata. Kepemimpinan Asta Brata dari sudut pandang teori konflik merupakan konsep kepemimpinan yang dapat digunakan sebagai peredam konflik. Pemimpin dalam hal ini kepala sekolah seharusnya memiliki sifat kedewataan sehingga dapat lebih bijaksana dalam menjalankan kepemimpinannya di lingkungan sekolah. Dengan sifat kedewataan yang diterapkan diharapkan konflik yang terjadi dapat dikelola menjadi konflik ke arah yang positif sehingga apa yang menjadi visi, misi dan tujuan sekolah dapat tercapai.
Rincian Artikel
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Brata, T. (2011). Peran Kepemimpinan Dalam Mengendalikan Konflik. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 7(4), 56–64. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/download/4282/3956
Diharjo, S. M. (2019). Dinamika Perubahan Sosial dalam Teori Konflik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Bisnis, 5(1), 1–17. http://jurnal.stiks-tarakanita.ac.id/index.php/JIK/article/view/259
Komara, E. (2019). Teori Sosiologi dan Antropologi (1st ed.). PT. Refika Aditama.
Manik, J. (2013). Kekuasaan Dan Kepemimpinan Sebagai Proses Sosial Dalam Bermasyarakat. Society, 1(1). Bangka Belitung University. https://www.neliti.com/publications/130355/
Maunah, B. (2015). Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Konflik. Cendikia: Journal of Education and Teaching, 9(1), 71. https://doi.org/10.30957/cendekia.v9i1.53
Sidharta. (2010). Kepemimpinan Hindu Asta Brata dan Nasehat Sri Rama Lainnya. Paramitha.
Sudarmiati, N. (2020). Landasan Ajaran Asta Brata Dalam Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SMA N 7 Luwu Timur. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2). http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/96
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 275–289. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4271
Tualeka, M. W. N. (2017). Teori Konflik Sosiologi Klasik Dan Modern. Al-Hikmah, 3(1), 32–48. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah/article/view/409
Usman, H. (2013). Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan (4th ed.). Bumi Aksara.