Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Budaya Mana’o di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat

Main Article Content

Veronika Buka
I Gusti Ngurah Santika
I Made Kartika
I Gede Sujana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila dalam budaya Mana, o di Desa Manu Kuku Kabupaten Sumba Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, wawancara, dan obeservasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa nilai-nilai Pancasila telah diimplementasi dalam budaya Mana, o, seperti nilai ketuhanan tercermin pada saat Yadi panga’a Marapu monno dengi we’e maringngi, we’e malala (Memberi persembahan dan meminta berkat kepada Marapu); Nilai kemanusiaan tercermin dari kesempatan yang diberikan kepada setiap orang untuk mengikuti musyawarah dan mengemukakan pendapat; Nilai persatuan tercermin pada saat Pakua ngarakuada ne umma kalada (berkumpul bersama di rumah besar/adat); Nilai Kerakyatan tercermin dari seorang Rato atau tua-tua adat yang sangat dihormati dan dihargai oleh masyarakat berkepercayaan Marapu; Nilai Keadilan tercermin dari Paghilla dobba (kerja sama), bagi rata panga’a (bagi rata makan,daging, minuman dan lain-lain)

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

I Gusti Ngurah Santika, Universitas Dwijendra

Lahir 1 Agustus 1988, sekarang bekerja sebagai pengajar di Prodi PGSD Universitas Dwijendra

I Made Kartika, Universitas Dwijendra

Pengajar di Prodi PPKn

I Gede Sujana, Universitas Dwijendra

Dosen Prodi PPKn

References

Aristin, R. (2016). Aktualisasi Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Di Era Reformasi. Al - Ibrah, 1(2), 127–152. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/9

Dewantara, J. A., Suhendar, I. F., Rosyid, R., & Atmaja, T. S. (2019). Pancasila as Ideology and Characteristics Civic Education in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(5), 400–405. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1617

Kartika, I. M. (2015). Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Etika Politik Di Indonesia. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FIKP Universitas Dwijwndra, 4(1). http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/view/444

Ningsih, I. S. (2021). Hakikat Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Ideologi Negara. 7, 1.

Nurimaniar, Y. (2010). Pancasila Yang Mulai Terlupakan. Humanis, 1.

Pambudi, W. (2018). Sakralisasi Pembukaan UUD 1945. Istoria, 4(1).

Paramita, I. G. A. (2019). Representasi Nilai Pancasila Dalam Kebudayaan Bali. VIDYA WERTTA : Media Komunikasi Universitas Hindu Indonesia, 2(2), 142–154. https://doi.org/10.32795/vw.v2i2.395

Permatasari, D. (2021). Pancasila: Sejarah Perumusan Sebagai Dasar, Pandangan Hidup, dan Upaya Pelestarian Ideologi. Tempo.Com.

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan karakter: studi kasus peranan keluarga terhadap pembentukan karakter anak Ibu Sunah di Tanjung Benoa. Widya Accarya, 10(1).

Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://103.39.12.42/index.php/widyaaccarya/article/view/898

Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya Dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).

Santika, I. G. N. (2019). Presidensialisme Dan Problematika Mekanisme Impeachment Presiden Dan / Atau Wakil Presiden Berdasarkan UUD 1945 Pasca Perubahan ( Perspektif Pergulatan Hukum Dan Politik ). Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 5(1), 23–34. http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v5i1.18777

Santika, I. G. N. (2020a). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Lakeisha.

Santika, I. G. N. (2020b). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid- 19 : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437

Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.

Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Lakeisha.

Santika, I. G. N. (2021c). Tinjauan Historis Terhadap Keppres No. 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila. Vyavahara Duta, XVI(2), 5–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25078/vd.v16i2.2384

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., Ayu, I. G., & Darwati, M. (2021). Reviewing The Handling Of Covid-19 In Indonesia In The Perspective Of The Pancasila Element Theory ( TEP ). Jurnal Etika Demokrasi (JED), 6(2), 40–51. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5272

Santika, I. G. N., Purnawijaya, I. P. E., & Sujana, I. G. (2019). Membangun Kualitas Sistem Politik Demokrasi Indonesia Melalui Pemilu Dalam Perspektif Integrasi Bangsa Dengan Berorientasikan Roh Ideologi Pancasila. Seminar Nasional Hukum Dan Kewarganegaraan, 1(1), 74–85. https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1665

Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 Dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.

Santika, I. G. N., Sujana, G., & Winaya, M. A. (2019). Membangun Kesadaran Integratif Bangsa Indonesia Melalui Refleksi Perjalanan Historis Pancasila Dalam Perspektif Konflik Ideologis. Journal of Etika Demokrasi (JED), 4(2), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2391

Santoso, D. A. (2020). Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021.pdf. BeritaSatu. https://www.beritasatu.com/nasional/639859/peringatan-resmi-hari-lahir-pancasila-setelah-71-tahun

Sunoto. (1984). Mengenal Filsafat Pancasila : Pendekatan melalui metafisika logika etika. Hanindita.

Sutrisno, N., Nyoman, N., Nikki, A., Sutarya, I. G., Duija, I. N., Surpi, N. K., Donder, I. K., Suwantana, I. G., Bagus, I., Surya, B., Pramana, A., Santika, I. G. N., & Segara, I. N. Y. (2019). POLITIK HINDU. IHDN PRESS.

Swarniti, N. W. (2021a). A Corpus Based Approach to the Analysis of Structures in Prepositional Phrase. Yavana Bhasha: Journal of English Language Education, 4(1), 18–22.

Swarniti, N. W. (2021b). Translation Methods Found in New Testament Bible of Mark ’ s Gospel. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(2), 172–179. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jr.7.2.3823.172-179

Swarniti, N. W. (2021c). The Analysis of Semantics Meaning Found In Comments of Instagram Account of Info Denpasar. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA), 193–199.

Swarniti, N. W., & Yuniari, N. M. (2019). Keberadaan Leksikon Pohon Langka di Denpasar: Studi Ekolinguistik. Seminar Nasional INOBALI 2019 Inovasi Baru Dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora, 405–411. https://eproceeding.undwi.ac.id/index.php/inobali/article/view/180

Tempo. (2016). Hari Lahir Pancasila. Republika.Com. https://akurat.co/id-1130025-read-hari-lahir-pancasila

Usma, & Bahraeni. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Pada Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Journal.Uin-Alauddin, 5(2).