Kajian Fenomena Kesenjangan Generasi dalam Konteks Kehidupan Kampus menurut Perspektif Ilmu Komunikasi
Main Article Content
Abstract
Kehidupan kampus merupakan wadah berkembangnya akademik mahasiswa. Kajian fenomena kesenjangan generasi dalam konteks kehidupan kampus menurut perspektif ilmu komunikasi memberikan gambaran problematika dan dinamika kehidupan kampus. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena kesenangan generasi dalam konteks kehidupan kampus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: pemilihan fenomena dan konteks, pengumpulan data, identifikasi fenomena kesenjangan generasi, klasifikasi dan kategorisasi, analisis fenomena kesenjangan generasi dari perspektif mahasiswa dan dosen, penafsiran makna dan konteks, analisis kritis, penyajian hasil, dan penyimpulan. Data penelitian ini menggunakan data hasil wawancara dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori dengan cara menghubungkan teori-teori yang relevan dengan data yang terkumpul. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesenjangan generasi di lingkungan kampus merupakan realitas yang dapat mempengaruhi dinamika interaksi antara dosen dan mahasiswa. Perbedaan persepsi, nilai, dan preferensi komunikasi antar generasi menciptakan tantangan dalam menciptakan lingkungan akademis yang harmonis.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
References
Adiawaty, S. (2019). Tantangan Perusahaan Mengelola Perbedaan Generasi Karyawan. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 22 (3), 376-382. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i3.182
Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Teknodika, 17 (2), 70 – 84. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.35281
Budi, H. I. S. (2021). Minimalisir Konflik Dalam Gap Generasi Melalui Pendekatan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Teologi Injili, 1(2), 72-87. https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.11
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Duta, N. (2015). From theory to practice: the barriers to efficient communication in teacher-student relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187 (15), 625 – 630. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.116
Fauziyyah, N. (2019). Communication Ethics Of Digital Natives Students Through Online Communication Media to Educators: Education Perspective. Jurnal Pedagogik, 6(2), 437-474. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.750
Fauzuddin, Y., dkk. (2022). Studi Kasus Gap Generasi dalam Perspektif Nilai Personal dan Budaya Organisasi Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali. Jurnal Distribusi. 20(1),33-50. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.242
Farida dan Yuliana, D. (2018). Politeness Strategies in WhatsApp Text Messaging Between Sundanese Students and Lecturers. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,. UPI 2nd International Conference on Language, Literature, Culture and Education (ICOLLITE 2018). 172-175.
Fitri, H, (2019). Peran Mahasiswa dalam Menerapkan Komunikasi Interpersonal di Perkuliahan. Liabilities: Jurnal Pendidikan Akuntansi. 2 (2): 146-161. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3479
Harahap, M. A. K., Haryanto, H., Lestari, V. L., Rinovian, R., & Munandar, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Bagi Dosen Dalam Menghadapi Tantangan Perguruan Tinggi Pada Era Disrupsi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10566-10576. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.6138
Jamhuri, M. (2018). Humanisme Sebagai Nilai Pendekatan Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Bersikap, Perspektif Multikulturalisme Di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Al- Murabbi, 3(2), 317-334.
Kusuma, R. S. (2017). Penggunaan Internet Oleh Dosen Berdasar Gender Dan Generasi. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8(1), 53-63. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2935
Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 3(2), 135-152. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765
Noori, A. dkk. (2020). The Relationship between University Lecturers' Behaviour and Students' Motivation. Universal Journal of Educational Research, 8(11C): https://doi.org/15-22. 10.13189/ujer.2020.082303
Pamungkas, I. N. A. (2021). Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Kelompok Digital-Natives Perguruan Tinggi. Avant Garde, 9(01), 79-99.
Putri, S., dkk. (2018). Generation Gap; Analisa Pengaruh Perbedaan Generasi Terhadap Pola Komunikasi Organisasi di Perusahaan Consumer Goods di Kota Surabaya. Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 20 (1), 36-43. https://doi.org/10.33319/sos.v20i1.36
Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Denerasi Z di Dunia Kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21-24.
Rahmawati, D. (2018). Millennials and I-generation life. Laksana.
Rahmatiah, H. A., & Asiyah, N. (2019). Kesenjangan Generasi Antara Guru & Murid Sebagai Tantangan Digitalisasi Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Reza, F dan Tinggogoy, F. (2022). Konflik Generasi Z di Bidang Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 Tantangan dan Solusinya. Paradigma : Jurnal Administrasi Publik.1(2),142-155. https://doi.org/10.55100/paradigma.v1i2.51
Saragih, A. N., Tabrani, F. R., Putri, F. M., Damanik, P. Y., & Ivanna, J. (2023). Harmonisasi Mahasiswa di tengah Adanya Heterogenitas Sosial di Jurusan PPKn FIS UNIMEN. Mahaguru:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 27-40.
Siregar, R. Y. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Digital Immigrant dalam Proses Mengajar Daring pada Bidang Sains dan Teknologi di Universitas Sumatera Utara. ETTISAL: Journal of Communication, 6(2), 305-326. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6872
Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep & Analisis. Nilacakra.
Sukarjo, S. dan Nasionalita, K. 2022. Kesenjangan Digital Antara Generasi Y Dan Z Pada Guru Sekolah Menengah Atas Kota Bandung Dalam Pembalajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. e-Proceeding of Management, 9, (2). 992-1007.
Utomo, T. (2018). Perbedaan Kelompok Generasi dan Tantangan yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi A. Personifikasi, 9 (1), 1-9. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i1.6742
Wartoyo, F. 2019. Etika Komunikasi Mahasiswa Dan Dosen Dalam Perspektif Akademis Revolusi 4.0. Wasita, 3 (2): 39-47. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.01.4
Winasis, S. (2018). Pengaruh Sebaran Generasi Terhadap Motivasi Kerja di Industri Perbankan Area Tanah Abang. Jurnal JDM, I (02), 23-31.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550