Kajian Fenomena Kesenjangan Generasi dalam Konteks Kehidupan Kampus menurut Perspektif Ilmu Komunikasi

Isi Artikel Utama

Zahy Riswahyudha Ariyanto
Ngesthi Puspita Sari
Oktavia Nurhidayah
Rifka Hikmahwati
Syaadatul Hayat
Yunus Sulistyono

Abstrak

Kehidupan kampus merupakan wadah berkembangnya akademik mahasiswa. Kajian fenomena kesenjangan generasi dalam konteks kehidupan kampus menurut perspektif ilmu komunikasi memberikan gambaran problematika dan dinamika kehidupan kampus. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fenomena kesenangan generasi dalam konteks kehidupan kampus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah: pemilihan fenomena dan konteks, pengumpulan data, identifikasi fenomena kesenjangan generasi, klasifikasi dan kategorisasi, analisis fenomena kesenjangan generasi dari perspektif mahasiswa dan dosen, penafsiran makna dan konteks, analisis kritis, penyajian hasil, dan penyimpulan. Data penelitian ini menggunakan data hasil wawancara dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori dengan cara menghubungkan teori-teori yang relevan dengan data yang terkumpul. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesenjangan generasi di lingkungan kampus merupakan realitas yang dapat mempengaruhi dinamika interaksi antara dosen dan mahasiswa. Perbedaan persepsi, nilai, dan preferensi komunikasi antar generasi menciptakan tantangan dalam menciptakan lingkungan akademis yang harmonis.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Adiawaty, S. (2019). Tantangan Perusahaan Mengelola Perbedaan Generasi Karyawan. Esensi: Jurnal Manajemen Bisnis, 22 (3), 376-382. https://doi.org/10.55886/esensi.v22i3.182

Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Teknodika, 17 (2), 70 – 84. https://doi.org/10.20961/teknodika.v17i2.35281

Budi, H. I. S. (2021). Minimalisir Konflik Dalam Gap Generasi Melalui Pendekatan Komunikasi Interpersonal. Jurnal Teologi Injili, 1(2), 72-87. https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.11

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Duta, N. (2015). From theory to practice: the barriers to efficient communication in teacher-student relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187 (15), 625 – 630. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.116

Fauziyyah, N. (2019). Communication Ethics Of Digital Natives Students Through Online Communication Media to Educators: Education Perspective. Jurnal Pedagogik, 6(2), 437-474. https://doi.org/10.33650/pjp.v6i2.750

Fauzuddin, Y., dkk. (2022). Studi Kasus Gap Generasi dalam Perspektif Nilai Personal dan Budaya Organisasi Pada PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali. Jurnal Distribusi. 20(1),33-50. https://doi.org/10.29303/distribusi.v10i1.242

Farida dan Yuliana, D. (2018). Politeness Strategies in WhatsApp Text Messaging Between Sundanese Students and Lecturers. Advances in Social Science, Education and Humanities Research,. UPI 2nd International Conference on Language, Literature, Culture and Education (ICOLLITE 2018). 172-175.

Fitri, H, (2019). Peran Mahasiswa dalam Menerapkan Komunikasi Interpersonal di Perkuliahan. Liabilities: Jurnal Pendidikan Akuntansi. 2 (2): 146-161. https://doi.org/10.30596/liabilities.v2i2.3479

Harahap, M. A. K., Haryanto, H., Lestari, V. L., Rinovian, R., & Munandar, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Bagi Dosen Dalam Menghadapi Tantangan Perguruan Tinggi Pada Era Disrupsi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10566-10576. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.6138

Jamhuri, M. (2018). Humanisme Sebagai Nilai Pendekatan Yang Efektif Dalam Pembelajaran Dan Bersikap, Perspektif Multikulturalisme Di Universitas Yudharta Pasuruan. Jurnal Al- Murabbi, 3(2), 317-334.

Kusuma, R. S. (2017). Penggunaan Internet Oleh Dosen Berdasar Gender Dan Generasi. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 8(1), 53-63. https://doi.org/10.23917/komuniti.v8i1.2935

Mutawakkil, M., & Nuraedah, N. (2019). Gaya Komunikasi Dosen dalam Pembelajaran Mahasiswa. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 3(2), 135-152. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i2.5765

Noori, A. dkk. (2020). The Relationship between University Lecturers' Behaviour and Students' Motivation. Universal Journal of Educational Research, 8(11C): https://doi.org/15-22. 10.13189/ujer.2020.082303

Pamungkas, I. N. A. (2021). Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Kelompok Digital-Natives Perguruan Tinggi. Avant Garde, 9(01), 79-99.

Putri, S., dkk. (2018). Generation Gap; Analisa Pengaruh Perbedaan Generasi Terhadap Pola Komunikasi Organisasi di Perusahaan Consumer Goods di Kota Surabaya. Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. 20 (1), 36-43. https://doi.org/10.33319/sos.v20i1.36

Rachmawati, D. (2019). Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Denerasi Z di Dunia Kerja). Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019, 1(1), 21-24.

Rahmawati, D. (2018). Millennials and I-generation life. Laksana.

Rahmatiah, H. A., & Asiyah, N. (2019). Kesenjangan Generasi Antara Guru & Murid Sebagai Tantangan Digitalisasi Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Reza, F dan Tinggogoy, F. (2022). Konflik Generasi Z di Bidang Pendidikan di era Revolusi Industri 4.0 Tantangan dan Solusinya. Paradigma : Jurnal Administrasi Publik.1(2),142-155. https://doi.org/10.55100/paradigma.v1i2.51

Saragih, A. N., Tabrani, F. R., Putri, F. M., Damanik, P. Y., & Ivanna, J. (2023). Harmonisasi Mahasiswa di tengah Adanya Heterogenitas Sosial di Jurusan PPKn FIS UNIMEN. Mahaguru:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 27-40.

Siregar, R. Y. (2021). Strategi Komunikasi Dosen Digital Immigrant dalam Proses Mengajar Daring pada Bidang Sains dan Teknologi di Universitas Sumatera Utara. ETTISAL: Journal of Communication, 6(2), 305-326. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6872

Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep & Analisis. Nilacakra.

Sukarjo, S. dan Nasionalita, K. 2022. Kesenjangan Digital Antara Generasi Y Dan Z Pada Guru Sekolah Menengah Atas Kota Bandung Dalam Pembalajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. e-Proceeding of Management, 9, (2). 992-1007.

Utomo, T. (2018). Perbedaan Kelompok Generasi dan Tantangan yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi A. Personifikasi, 9 (1), 1-9. https://doi.org/10.21107/personifikasi.v9i1.6742

Wartoyo, F. 2019. Etika Komunikasi Mahasiswa Dan Dosen Dalam Perspektif Akademis Revolusi 4.0. Wasita, 3 (2): 39-47. https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.01.4

Winasis, S. (2018). Pengaruh Sebaran Generasi Terhadap Motivasi Kerja di Industri Perbankan Area Tanah Abang. Jurnal JDM, I (02), 23-31.

Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era Digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69-87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550