Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter

Isi Artikel Utama

Rulianto Rulianto

Abstrak

Pendidikan tidak hanya diartikan sebagai transfer pengetahuan melainkan
transfer nilai, terutama nilai nilai yang terkandung dalam 18 nilai karakter
yang ditargetkan dalam pendidikan karakter. Pendidikan adalah upaya
untuk membentuk karakter siswa sehingga mereka dapat mengetahui dan
membedakan antara yang baik dan buruk dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan karakter saat ini
sangat diperlukan untuk mengatasi masalah generasi penerus bangsa ini
yang semakin sulit dikendalikan. Pembelajaran sejarah sebagai pendukung
pendidikan karakter memiliki peran yang sangat sentral karena
pembelajaran sejarah memiliki lingkup materi sebagai berikut: (1)
mengandung nilai-nilai heroik, teladan, perintis, patriotisme, nasionalisme,
dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukan
karakter dan kepribadian siswa; (2) berisi repertoar peradaban bangsa
termasuk peradaban Indonesia; (3) menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan dan solidaritas
untuk menjadi bangsa yang bersatu dalam menghadapi ancaman disintegrasi; (4) mengandung ajaran dan
kebijaksanaan moral yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari; (5) menanamkan dan mengembangkan sikap tanggung jawab dalam menjaga keseimbangan
lingkungan dan keberlanjutan. Dilihat dari ruang lingkup, sangat tepat jika pembelajaran sejarah
digunakan untuk mendukung pendidikan karakter.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Elmubarok Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fatthurrohman, P., Suryana., Fatriani, F. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Harsojo, A. 2013. Membangun Karakter Berkearifan Lokal dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan. 4 (1). 19-28.

Leo Agung, Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Dua.

Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.

Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kasmadi, Hartono. 1996. Model-model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Susanto Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta :

Cerdas Pustaka.

Widja, I Gde. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: P2LPTK.