Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter
Isi Artikel Utama
Abstrak
transfer nilai, terutama nilai nilai yang terkandung dalam 18 nilai karakter
yang ditargetkan dalam pendidikan karakter. Pendidikan adalah upaya
untuk membentuk karakter siswa sehingga mereka dapat mengetahui dan
membedakan antara yang baik dan buruk dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pendidikan karakter saat ini
sangat diperlukan untuk mengatasi masalah generasi penerus bangsa ini
yang semakin sulit dikendalikan. Pembelajaran sejarah sebagai pendukung
pendidikan karakter memiliki peran yang sangat sentral karena
pembelajaran sejarah memiliki lingkup materi sebagai berikut: (1)
mengandung nilai-nilai heroik, teladan, perintis, patriotisme, nasionalisme,
dan semangat pantang menyerah yang mendasari proses pembentukan
karakter dan kepribadian siswa; (2) berisi repertoar peradaban bangsa
termasuk peradaban Indonesia; (3) menanamkan kesadaran persatuan dan persaudaraan dan solidaritas
untuk menjadi bangsa yang bersatu dalam menghadapi ancaman disintegrasi; (4) mengandung ajaran dan
kebijaksanaan moral yang berguna dalam mengatasi krisis multidimensi yang dihadapi dalam kehidupan
sehari-hari; (5) menanamkan dan mengembangkan sikap tanggung jawab dalam menjaga keseimbangan
lingkungan dan keberlanjutan. Dilihat dari ruang lingkup, sangat tepat jika pembelajaran sejarah
digunakan untuk mendukung pendidikan karakter.
Rincian Artikel
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Elmubarok Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Fatthurrohman, P., Suryana., Fatriani, F. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Harsojo, A. 2013. Membangun Karakter Berkearifan Lokal dalam Bingkai Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pelopor Pendidikan. 4 (1). 19-28.
Leo Agung, Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak Dua.
Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Citra Media.
Kochhar, S. K. 2008. Pembelajaran Sejarah (Teaching of History). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kasmadi, Hartono. 1996. Model-model dalam Pengajaran Sejarah. Semarang: IKIP Semarang Press.
Susanto Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan Dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Rusman. 2012. Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Trianto. 2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta :
Cerdas Pustaka.
Widja, I Gde. 2007. Dasar-dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: P2LPTK.