Peningkatan Hasil Belajar Kognitif PPKn Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Proses pembelajaran di kelas yang membuat hasil belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A di SMP Negeri 3 Sukasada pada semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 67 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 50% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 71 dengan ketuntasan belajar 60% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 78 dengan ketuntasan belajar 77%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas VII A di SMP Negeri 3 Sukasada.
Rincian Artikel
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Andriyani, L. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Untuk Siswa Kelas XII IPA Sekolah Menengah Atas. Tesis (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aryani, N. I. L. 2012. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS MelaluiPembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Kelas IV A MIN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Cahyani, I G. A. A. N., Tegeh, I M., dan Sudarma, I K. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar PKn. Edutech, Vol. 3 (1).
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Muhamad, H. 2014. Panduan Penilaian Pendapaian Kompetensi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendibud.
Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Perkasa
National Council for the Social Studies. 1994. Conecting Science, Technology and Education of Citizen. Washington D.C: NCSS
Nur, M. 1998. Pendekatan-Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Surabaya: PPs IKIP.
Nurhayati. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Peserta Didik Pada MTs. Islamiyah Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Vol. 9 (1): 64-69.
Nurkancana, W. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanti, S. dan Gafur, A. 2018. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar PKn. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 15(2): 140-148.
Purwanto, M. N. 2011. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saidihardjo. (1996). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta. FIP IKIP.
Slavin, R. (2005). Cooperative Learning: Theory, Research and Practice. London: Allymand Bacon.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Wahab, A. A. 1998. Reorientasi dan Revitalisasi Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung.
Yanti, K. I., Sunu, I G. K. A., dan Sudiatmaka, K. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 2(1).
Yulianti, M. 2018. Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa SMP Negeri 3 Teluk Kuantan. Jurnal PAJAR, Vol. 2(5): 789-794.