TEORI-TEORI KEWARGANEGARAAN KONTEMPORER

Isi Artikel Utama

Intan Nurvenayanti

Abstrak

Kajian ini merupakan ulasan teoritik mengenai teori-teori kewarganegaraan. Adapun tujuan utama dalam kajian ini adalah mengulas gagasan kewarganegaraan pada masa awal sampai pada masa kontemporer dan memaknai perkembangan kewarganegaraan di dunia. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Gagasan kewarganegaraan pada awalnya memang selalu merujuk kepada peradaban Yunani kono (Polis/Negara Kota) sebagai cikal bakal lahirnya konsep Civics dan Citizens. Konsep kewarganegararan mengalami perkembangan dari masa kemasa, tetapi pada kenyataanya konsep ini selalu berusaha menjelasakan individu warganegara dalam kedudukannya sebagai rakyat, peduduk, atau seoarang warganegara dan dihubngkan dengan kedudukan dan fungisnya dengan negara dan pemerintahan.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdul Aziz Wahab & Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraa. Bandung; Alpadeta.

Azra, Azyumardi 2003. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Tim ICCE UIN Jakarta. Jakarta: Prenanda Media.

Dahlan Thaib, Prof. Dr, H., Jazim Hamidi dkk (2008). Teori dan Hukum Konstitusi. Rajawali PT Rajagrafindo Persada.

Kaelan, H. (2003). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta; Paradigma

Rinjin. (2010). Pendidikan Pancasila. Undiksha; Buku Ajar Pendidikan Pancasila.

Sri Wuryana. (2006). Ilmu Kewarganegaraan. UPI; Laboratorium Pedidikan Kewarganegaraan.