Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Berlandaskan Pada Konsep Panca Upaya Sandhi
Isi Artikel Utama
Abstrak
Terkait dengan kepemimpinan, masyarakat Hindu di Bali memilki nilai kearifan lokal yang digunakan sebagai landasan dalam menjalankan kepemimpinan yang disebut Panca Upaya Sandhi. Jika kearifan lokal ini dapat dipertahankan dan diterapkan sejalan dengan gaya kepemimpinan modern saat ini, diharapkan akan dapat mengoptimalkan kualitas kepemimpinan yang dijalankan dan juga dapat menjaga nilai-nilai yang diwariskan oleh leluhur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan Kepala Sekolah di era revolusi industri 4.0 berlandasakan pada konsep Panca Upaya Sandhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan, dimana informasi diperoleh dari buku literatur, jurnal, peraturan, laporan penelitian, karangan ilmiah, media massa dan sumber-sumber tertulis baik cetak maupun elektronik. Hasil penelitian ini yaitu strategi kepemimpinan Kepala Sekolah yang dapat diterapkan di era revolusi industri 4.0 terdiri dari strategi kepemimpinan yang berorientasi pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana dan prasana penunjang di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), kepemimpinan yang terbuka, kepemimpinan yang siap menghadapi ketidak-terdugaan, kepemimpinan yang bereaksi cepat terhadap perubahan yang ada, kepemimpinan yang berorientasi pada hasil, kepemimpinan dengan formula 4C yaitu critical thinking, creativity, communication, collaboration, dan kepemimpinan yang mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan. Strategi kepemimpinan ini dapat dioptimalkan dengan dilandasi filosofi Panca Upaya Sandhi yang terdiri dari Maya, Upeksa, Indra Jala, Vikrama, dan Lokika.
Rincian Artikel
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Al Alawi, M. (2018). Tipe Pemimpin yang Mampu Hadapi Revolusi Industri 4.0 Menurut Jokowi. Kamis, 29 November. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2018/11/29/05531001/tipe-pemimpin-yang-mampu-hadapi-revolusi-industri-40-menurut-jokowi
Apandi, I. (2018). Kepala Sekolah Inovatif dan Visioner di Era Revolusi Industri 4.0. 8 Desember. Retrieved from https://www.kompasiana.com/idrisapandi/5c0b431bbde57540ec66d978/kepala-sekolah-inovatif-dan-visioner-di-era-revolusi-industri-4-0
Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti. (2018). Formula 4C untuk Bertahan pada Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved November 8, 2019, from Sumber Daya Riset Dikti website: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/05/04/formula-4c-untuk-bertahan-pada-era-revolusi-industri-4-0/
Fakhrunnisa, R. (2019). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di SMK Negeri 2 Temanggung 2018/2019 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/69461/11/NASKAH PUBLIKASI.pdf
Haris, A. (2018). Kepemimpinan Pendidikan (Teori, Studi Kasus & Aplikasi) (1st ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Komariah, A., & dkk. (2018). Kepemimpinan Autentik Riset Implementasi Manajemen Perubahan (1st ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Latra, I. W. (2017). Politik dalam Perspektif Hindu. Retrieved from https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/45be662ce3fcc318cecbcc75c365ce5f.pdf
Mukhlasin, A. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3(1), 674–692. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30831.59043
Rusdianto, E. (2019). Kepemimpinan dalam Dunia Pendidikan di Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved from https://www.academia.edu/38803096/kepemimpinan_dalam_dunia_pendidikan_di_Indonesia_di_era_revolusi_industri_4.0.
Sanjaya, Putu. 2012. Pentingnya Kepemimpinan Dan Kemampuan Manajerial Untuk Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1): 127-138.
Sriwahyuni, E., Kristiawan, M., & Wachidi, W. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pada SMK Negeri 2 Bukittinggi. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 21-33.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (10th ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(2), 234-247.
Usman, H., Nuryadin, D., & Raharjo, E. (2013). Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 32(1).
Wahyudi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization) (4th ed.). Bandung: CV. Alfabeta.
Wulandari, F., & dkk. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 308–312. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/download/2539/2366
Yulmawati. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Negeri 03 Sungayang. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 109-121.