Analisis Kompetensi Peran Pemimpin dalam Memberikan Pelayanan Sosial di LKSA Panti Asuhan Masyithoh Kota Lubuklinggau
Isi Artikel Utama
Abstrak
Setiap organisasi pelayanan kemanusiaan memerlukan sosok pemimpin yang dapat memimpin lembaga dengan baik serta dapat memberikan dan mengembangkan kualitas pelayanan sosial yang efektif dan efisien. Seorang pemimpin harus memiliki kompetensi administrator sebagai penunjang keberlangsungan dalam melaksanakan peranannya. Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yakni pengetahuan, sikap dan tindakan. Peran seorang pemimpin seringkali dilihat sebagai faktor utama dalam mengkoordinasikan dan menyelaraskan proses organisasi lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemimpin dalam memberikan pelayanan sosial di LKSA Panti Asuhan Masyithoh ditinjau dari kompetensi administrator pekerjaan sosial menurut teori Skidmore. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil penelitian yang telah dilakukan yakni pemimpin panti mampu berkomitmen dan berdedikasi menjalankan tugasnya dengan baik serta ketika menjalankan tugasnya sebagai seorang pemimpin, pemimpin panti telah menerapkan kompetensi administrator pekerjaan sosial. Ketiga kompetensi yang dimiliki oleh seorang pemimpin menjadi perpaduan yang utuh untuk memberikan pelayanan sosial kepada penerima manfaat, yakni anak-anak yang berada di LKSA Panti Asuhan Masyithoh.
Rincian Artikel
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Cv. Pustaka Ilmu Group.
Alfiyah, N. I., & Syafriani, I. (2019). Peran Pemimpin Transformasional dalam Penguatan Kelembagaan (Studi di Dinas Koperasi UMKM, Kabupaten Sumenep). Journal of Governance Innovation, 1(2), 37–48. https://doi.org/10.36636/jogiv.v1i2.341
Creswell, J. W. (2014). Research Design (Quantitative, Qualitative, and Mixed Method). United Kingdom: SAGE Publication, Inc.
Hasenfeld, Y. (2010). Human Services as Complex Organizations (2nd editio). SAGE Publications, Inc.
Kouzes, J.,&Posner, B. (2002). The leadership challenge (3rd ed.). San Francisco: Jossey-Bass.
Obsorne, C. (2015). Essential Managers Leadership (L. Tucker (ed.)). A Penguin Random House Company.
Packard, T. (2020). Leadership and Performance in Human Services Organizations. In Leadership and Performance in Human Services Organizations (Issue January 2020, pp. 143–164). San Diego State University.
Saldana, J. (2009). The Coding Manual for Qualitative Researchers. London: Sage Publications
Skidmore, R. A. (1995). Social Work Administration: Dynamic Management and Human Relationships. United States: Allyn and Bacon.
Soehartono, I. (2015). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suparno. (2012). Peran Kepemimpinan Dalam Pengambilan Keputusan. Mimbar Administrasi FISIP UNTAG Semarang, 6, 1–20. https://doi.org/10.31227/osf.io/d8nzv