Budaya Stratifikasi Sosial terhadap Kesenjangan Ekonomi Keluarga dan Kualitas Pendidikan pada Anak

Isi Artikel Utama

Muhammad Fajar Khoironi
Arief Sudrajat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya yang ada pada masyarakat menegenai kesenjangan ekonomi keluarga dan kualitas pendidikan pada anak yang terjadi di Kota Surabaya yang melatarbelakangi terjadinya kesenjangan didapat karena adanya pembeda atau kelas antar sekolah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil observsasi serta wawancara menjadi gambaran umum dalam hasil penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada teori konflik oleh Karl Marx yaitu penentuan sosial dari perilaku individu bahwa manusia atau masyarakat menurut kodratnya selalu mengejar kepentingan sendiri. Marx juga percaya bahwa manusia memiliki sifat egois pada sifat hubungan dimana ia dilahirkan atau dibesarkan. Menutrut Marx, kehidupan individu dan masyarakat didasarkan pada ekonomi sebagai pengaruh utama. Hasil dari penelitian ini budaya yang diciptakan oleh masyarakat yang berkepanjangan dan menciptakan stratifikasi sosial mengenai kesenjangan kualitas pendidikan pada anak berdasarkan pengalaman yang dimana masih banyak sekolah yang mengkategorikan pendidikan dengan kualitas yang sangat bagus hanya untuk kalangan yang mampu saja namun bagi anak yang kurang mampu dapat merasskan pendidikan tersebut hanya dengan bantuan dari pemerintah saja seperti program yang ada di Surabaya khususnya yaitu mitra warga untuk golongan anak pada keluarga yang kurang mampu.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Ahmadi, A. (1991). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, A. M. (2004). Sosiologi Pendidikan, Jakarta: PT Ciputat Press.

George, R. (2004). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan , F. (2010). Dasar - dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Maliki, Z. (2008). Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Gajah Mada Univercity Press.

Jurdi, S. (2010). Sosiologi Islam & Masyarakat Modern; Teori Fakta dan Akai Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Kerbo, H. (2017). Social Stratification. 21st Century Sociology: A Reference Handbook. Clifton D. Byrant & Dennis L. Peck (Ed.) SAGE Publications: Thousand Oaks.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Maifizar, A. (2013). Social Mobilization in Simeulue Coastal Community Education. Atlantis-Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research

Maksum, A. (2013). Sosiologi Pendidikan (Buku Perkuliahan Program S-1). Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Pidarta, M. (2000). Landasan kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta.

Suhaeni, E. (2018). Pendidikan dan Pelapisan Sosial (Social Stratification). Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya, 12(1).

Sujana, I W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).

Susanto, P. A. S. (1999). Pengatar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Raja Garindo Press.

Syaparuddin. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).