Budaya Stratifikasi Sosial terhadap Kesenjangan Ekonomi Keluarga dan Kualitas Pendidikan pada Anak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya yang ada pada masyarakat menegenai kesenjangan ekonomi keluarga dan kualitas pendidikan pada anak yang terjadi di Kota Surabaya yang melatarbelakangi terjadinya kesenjangan didapat karena adanya pembeda atau kelas antar sekolah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan hasil observsasi serta wawancara menjadi gambaran umum dalam hasil penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada teori konflik oleh Karl Marx yaitu penentuan sosial dari perilaku individu bahwa manusia atau masyarakat menurut kodratnya selalu mengejar kepentingan sendiri. Marx juga percaya bahwa manusia memiliki sifat egois pada sifat hubungan dimana ia dilahirkan atau dibesarkan. Menutrut Marx, kehidupan individu dan masyarakat didasarkan pada ekonomi sebagai pengaruh utama. Hasil dari penelitian ini budaya yang diciptakan oleh masyarakat yang berkepanjangan dan menciptakan stratifikasi sosial mengenai kesenjangan kualitas pendidikan pada anak berdasarkan pengalaman yang dimana masih banyak sekolah yang mengkategorikan pendidikan dengan kualitas yang sangat bagus hanya untuk kalangan yang mampu saja namun bagi anak yang kurang mampu dapat merasskan pendidikan tersebut hanya dengan bantuan dari pemerintah saja seperti program yang ada di Surabaya khususnya yaitu mitra warga untuk golongan anak pada keluarga yang kurang mampu.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)
Referensi
Ahmadi, A. (1991). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Batubara, A. M. (2004). Sosiologi Pendidikan, Jakarta: PT Ciputat Press.
George, R. (2004). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Gunawan, A. H. (2000). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan , F. (2010). Dasar - dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Maliki, Z. (2008). Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Gajah Mada Univercity Press.
Jurdi, S. (2010). Sosiologi Islam & Masyarakat Modern; Teori Fakta dan Akai Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.
Kerbo, H. (2017). Social Stratification. 21st Century Sociology: A Reference Handbook. Clifton D. Byrant & Dennis L. Peck (Ed.) SAGE Publications: Thousand Oaks.
Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Maifizar, A. (2013). Social Mobilization in Simeulue Coastal Community Education. Atlantis-Press: Advances in Social Science, Education and Humanities Research
Maksum, A. (2013). Sosiologi Pendidikan (Buku Perkuliahan Program S-1). Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Pidarta, M. (2000). Landasan kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alvabeta.
Suhaeni, E. (2018). Pendidikan dan Pelapisan Sosial (Social Stratification). Islamika: Jurnal Agama, Pendidikan dan Sosial Budaya, 12(1).
Sujana, I W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1).
Susanto, P. A. S. (1999). Pengatar Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta: Raja Garindo Press.
Syaparuddin. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1).