Harmonisasi Nilai-Nilai Tri Hita Karana dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Isi Artikel Utama

Luh Nitra Aryani
I Made Sutajaya
I Wayan Suja
Ida Bagus Made Astawa
I Komang Wisnu Budi Wijaya
Kadek Ayu Astiti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan harmonisasi nilai-nilai Tri Hita Karana sebagai salah satu kearifan lokal Bali, pada implementasi pelaksanaan masing-masing program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penelitian ini  menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengutamakan keutuhan, keakuratan sumber, hubungan, makna dan kesesuaian dengan fokus penelitian. Pengumpulan data diambil melalui referensi artikel yang terbit pada jurnal online terindeks SINTA dan Scopus, dengan menggunakan kata kunci merdeka belajar, kampus merdeka, dan Tri Hita Karana, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat nilai-nilai Tri Hita Karana dalam masing-masing program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Untuk menjadi generasi yang unggul, berkompeten dan berkarakter sesuai tujuan awal MBKM, mahasiswa harus selalu membangun hubungan harmonis dengan Tuhan Yang Maha Esa (Parhyangan), dengan sesama manusia (Pawongan), serta dengan lingkungan (Palemahan) untuk menciptakan kebahagiaan dan kesejahteraan. Mahasiswa, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan diharapkan dapat selalau menerapkan konsep THK dalam program MBKM untuk meningkatkan dan menguatkan karakter positif mahasiswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Abdulsyani. (1987). Sosiologi Kelompok dan Masalah Sosial. Fajar Agung.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974.

Adriani, L. (2014). Pelaksanaan Pengembangan Kurikulum Produktif Pendidikan Vokasional berdasarkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan.

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Al Anshori, F., Syam, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Biogenerasi, 6(2), 147–153.

Alek. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Untuk Mencetak Sumber Daya Manusia Berkualitas Menuju Indonesia Unggul. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 1.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Apriani, A., & Sari, I. P. (2020). Penguatan Karakter Nasionalisme Generasi Alpha melalui Living Values Education Program (LVEP). Literasi, 11(2), 67. https://doi.org/https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(2).67-79

Arisandi, D., Widya Mutiara, M., & Christanti Mawardi, V. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Magang Dan Studi Independen Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v6i1.16163.2022

Arsana, I. G., & Muniksu, I. M. S. (2020). Peranan Ajaran Tri Hita Karana dalam Menanamkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sang Acharya, 1(2), 67–75.

Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 56. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research and Development Journal of Education, 8(2), 783. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12865

Cahyadi, I. M., & Sukerni, N. M. (2020). Membentuk Karakter Siswa Dengan Menerapkan Tri Hita Karana Dalam Ajaran Agama Hindu. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 1(2), 19–26.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, D., & Teknologi, A. (2024). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. In Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Fatha, P. R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepusatakaan (Library Search) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 5(1), 319.

Irsan, Nurmaya, G, A. L., Nurlaila, M., Agus, A. A., & Buton, U. M. (2024). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Kearifan Lokal Sebagai Pilar Utama dalam Pembentukan Karakter Siswa : Eksplorasi dalam Konteks Pembelajaran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 1814–1825.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Jurnal Satwika, 3(2), 155.

Kaler, IGK. (1983). Butir-butir Tercecer tentang Adat Bali (Jilid 1 dan 2). Bali Agung.

Kepakisan, D. K. W., Firmani, P. S., & Piliyani, N. M. (2022). Tri Hita Karana Dalam Revolusi Industri 4 . 0 dan Implementasi Pada Kampus Merdeka. Seminar Nasional (PROSPEK I), 1(1), 68–69.

Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Policy. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 4(1), 9–14.

Kresna, D., Kepakisan, W., Firmani, S., & Piliyani, N. M. (2022). Tri Hita Karana Dalam Revolusi Industri 4.0 dan Implementasi Pada Kampus Merdeka. Igital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka:Strategi Dan Inovasi Pembelajaran, 63–70. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/1726

Merdeka, M., & Undiksha, D. I. (2023). Mengenal Budaya Bali Melalui Matakuliah Modul Nusantara Dalam Program Pertukaran. … Journal: Jurnal …, 4(2), 3136–3142.

Mulyana, M., Wahyudin, Y., Lesmana, D., Muarif, M., Mumpuni, F. S., & Farastuti, E. R. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Bidang Studi Akuakultur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551–1564. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2182

Natajaya, I. N., & Dantes, N. (2015). Perancangan Model Transformasi Pendidikan Teknohumanistik yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ganesha, 4(1).

Puspayanti, A., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Konsep Tri Hita Karana untuk Pengembangan Budaya Harmoni melalui Pendidikan Karakter. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1), 87–98. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.314

Rahmadhani, R. (n.d.). Strategi dan Program Pencegahan Banjir di Indonesia.

Sakkir, G., Khairiyyah, N. A., Riani, N. R., & Rustan, N. (2024). Pelaksanaan Program Asistensi Mengajar Mandiri (Ajarmi) Sebagai Kegiatan Mbkm Mandiri Di Sman 8 Maros. Jurnal Pedamas (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(3), 629–636.

Sekretariat GTK. (2020). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Siti Fitriana. (2019). Transformasi Pendidikan Tinggi di Era Disrupsi (Dampak dan Konsekuensi Inovasi). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana …, 811–817.

Sopiansyah, D., & Masruroh, S. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Roiba Journal, 4(1), 2656–4691. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458

Sudarma, N. (1971). Desa Adat di Bali sebagai Lembaga Sosial Religius Berdasarkan Falsafah Tri Hita Karana.

Sukadi. (2020). Apakah Tri Hita Karana dan Pancasila Dua Ideologi yang Identik? (Satu Kajian Ontologis). Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 47–58.

Suryawan, I. P. S., Sutajaya, I. M., & Suja, I. W. (2022). Tri Hita Karana sebagai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 50–65. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.55555

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i3.8773

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Wahyuni, L. T. S., Lestari, N. A. P., Dharma, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2023a). Eksistensi Kearifan Lokal Bali Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 666. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573

Wahyuni, L. T. S., Lestari, N. A. P., Dharma, I. M. A., Lasmawan, I. W., & Suastra, I. W. (2023b). Eksistensi Kearifan Lokal Bali Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(3), 666. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.7573

Winaya, & Astra, I. M. (2016). Pengaruh Model Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N. 1 Selanbawak. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya.

Wiryanata, I. G. N. A., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2023). Implimentasi Tri Hita Karana dalam Pendidikan Pratikum Seni Kuliner. Jurnal Gastronomi Indonesia, 11(2), 192–203. https://doi.org/10.52352/jgi.v11i2.1297

Witono, A. H., & Widodo, A. (2023). Aplikasi Teori Carl R. Rogers dalam Kampus Merdeka untuk Mewujudkan Pendidikan yang Humanis di Perguruan Tinggi. Journal on Education, 5(3), 9833–9838. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1864

Wulandari, N. M. I., & Sutajaya, M. (2022). Implementasi Nilai Palemahan Dalam Ajaran Tri Hita Karana Terhadap Hasil Project Gaya Hidup Berkelanjutan Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Ubud. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2, 1–10. https://doi.org/10.51903/pendidikan.v2i3.217

Yanuarsari, R., Asmadi, I., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2021). Peran Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Meningkatkan Kemandirian Desa. Jurnal Basicedu, 5(6), 6307–6317. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1828