Penerapan Lesson Study pada Tema Perkembangan Teknologi Subtema Perkembangan Teknologi Komunikasi Pembelajaran 2

Authors

  • Mijil Adi Prasetyo Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Gawaningsih Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Aktivitas Siswa, Lesson Study, Minat Belajar

Abstract

Lesson study merupakan salah satu cara pengkajian terhadap praktik  pembelajaran guna memperbaiki kualitas proses pembelajaran di dalam kelas. Praktik lesson study dilakukan oleh sekelompok guru yang merencanakan suatu pembelajaran dengan model dan metode yang disesuaikan dengan karakter kelas yang akan digunakan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, sekelompok guru kecuali guru model akan mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan mendokumentasikannya. Kegiatan refleksi dilakukan bersama sekelompok guru dengan memunculkan masalah yang ditemukan dan memberikan masukan disertai fakta hasil pengamatan untuk kemudian merumuskan solusi sebagai perbaikan proses pembelajaran agar lebih efektif. Kegiatan tersebut merupakan tiga tahap pelaksanaan lesson study yang dikenal dengan tahap plan (perencanaan), do (pelaksanaan), dan see (refleksi). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu cara alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas IIIB SD Negeri 3 Banjar Jawa Tahun Ajaran  2018/ 2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, seperti aktivitas siswa, minat dan motivasi siswa, sikap dan perilaku siswa, partisipasi, serta berbagai bentuk tanggapan siswa terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar namun lebih fokus pada bagaimana reaksi siswa terhadap pembelajaran yang sudah direncanakan.

 

 

References

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sumar Hendrayana, dkk. 2007. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA.

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles