Lesson Study PPL PPG Prajabatan Bersubsidi Gelombang III di SDN 1 Banjar Jawa Kelas IV Semester II Tahun Peajaran 2018/2019

Authors

  • Restu Aji Puryanto Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Lesson Study, Kelas IV, Aktivitas Siswa, Pembelajaran

Abstract

Lesson study muncul sebagai salah satu alternatif yang berguna untuk mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Sekarang ini masih  banyak praktik pembelajaran di Indonesia yang cenderung melakukan pembelajaran secara konvensional. Praktik pembelajaran konvensional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar dari pada siswa belajar, dan secara keseluruhan hasilnya tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Adapun tahapan-tahapan dalam Lesson study yaitu: (1) Perencanaan (Plan); (2) Pelaksanaan (Do); (3) Refleksi (See). Dalam hal ini, Lesson study dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran yang dilakukan di Kelas IV SD Negeri 1 Banjar Jawa  Semester II Tahun Ajaran  2018/ 2019 ke arah yang jauh lebih efektif. Fokus yang paling utama dari Lesson study adalah pengembangan dan pembelajaran yang dilakukan siswa, misalnya apakah siswa menunjukkan minat dan motivasinya dalam belajar, bagaimana siswa bekerja dalam kelompok kecil, bagaimana siswa melakukan tugas-tugas yang diberikan guru, serta hal-hal lainya yang berkaitan dengan aktivitas, partisipasi, serta kondisi dari setiap siswa dalam mengikuti setiap pembelajaran. Dengan demikian, pusat perhatian tidak lagi hanya tertuju pada bagaimana cara guru dalam mengajar sebagaimana lazimnya dalam sebuah supervisi kelas yang dilaksanakan oleh kepala sekolah atau pengawas sekolah.

 

 

References

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson study. Lesson study Project. online: http ://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Catherine Lewis (2004) Does Lesson study Have a Future in the United States?. Online: sowi-online.de/journal/2004-1/lesson_lewis.htm

Herawati,dkk. 2011. Lesson study Berbasis Sekolah. Malang: Universitas Negeri Malang

Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html.

http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/22/lesson-study-untuk-meningkatkan-pembelajaran/.

Santyasa, I.W. 2009. Implementasi Lesson study Dalam Pembelajaran. Nusa Penida: Universitas Pendidikan Ganesha

Sudrajat, A. 2018. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2018/09/12/lesson-study-untuk meningkatkan-pembelajaran/ diakses pada tanggal (17 Mei)

_____________. 2008. Lesson study Research Group online: tc.edu/lessonstudy/whatislessonstudy.html

Widodo, A. Sumarno, U. Nurjhani, M. Riandi. 2007. Peranan “ Lesson study”dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar Mahapeserta didik Sebagai Calon Guru. Tidak dipublikasikan. Bandung : FMIPA UPI Bandung.

Downloads

Published

2023-02-25

Issue

Section

Articles