Pelaksanaan Lesson Study di Kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha E-Journal Undiksha

Authors

  • I. G. L. P. Utami Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • L. P. Widyareni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Pelaksanaan Lesson Study, Efektivitas Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha. Terdapat 21 siswa di kelas yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini berbentuk kelas observasi. Pengamatan atau obervasi dilakukan oleh dosen pengamat, guru pengamat dan juga rekan penulis. Pengamatan dilakukan ketika proses belajar mengajar belangsung. Pelaksanaan lesson study dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Materi ajar yang digunakan dalam proses lesson study ini adalah materi teks report. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lesson study adalah upaya yang efektif untuk meningkatkan keefektivan dalam belajar bahasa inggris. Tujuan pembelajaran dalam pembelajaran ini dilakukan dengan efektif sesuai dengan manajemen waktu yang telah direncanakan, tetapi masih terdapat beberapa kelemahan yang harus diperbaiki oleh guru dalam pembelajaran berikutnya. Untuk itu, dalam refleksi lesson study akan menjadi sebuah upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang akan datang.

 

References

Allen, D., Donham, R., and Tanner, K. 2004. Approaches to Biology Teaching and Learning: Lesson study – Building Communities of Learning Among Educators. Cell Biology Education. Spring. Vol 3: 001-007.

Bran, L. (2017). What is the Role of Teachers in Modern Learning Organizations?. Retrieved on September 2018. Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education

Brown, H. & McDougal, T. (2011) Exploring the Benefits of Lesson Study. Retrieved from http://lessonstudygroup.net/conference/

Dirjend Dikti. 2009. Panduan Penyusunan Program Perluasan Dan Penguatan Lesson Study

Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education

in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas

Dwi, S., Rahmad, N., Ika, M. (2016). Identification of Teachers’ problems in Indonesia in Facing Global Community

Guiterez, S.B. (2015). Collaborative Professional Learning: Implementing inquiry based teaching through lesson study. Issues in Educational Research, 25(2), 118-134. Retrieved from http://www.iier.org.au/iier25/guiterez.html in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas

Isoda, M. 2007. Japanese Lesson Study in Mathematics, Its impact Diversity and Potential for Education Development. Singapore:World Scientific Publishing C. Pte. Ptd

Lewis, C. 2002. Does Lesson study Have a Future in the United States? Nagoya Journal of Education and Human Development. January No. 1:1-23.

Lewis, C. 2003. The Essential Elements of Lesson Study. Northwest Teacher. Spring. Vol. 4 No. 3: 6-8.

Lewis, C., Perry, R., Hurd, J., & O‟Connel, M. P. (2006). Teacher collaboration: Lesson study comes of age in North America. Tersedia pada http://www.Lessonresearch.net/LS_06Kappan.pdf. Diakses pada tanggal 15

Murata, A., Hart, L., and Alston, A. 2011. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. Newyork: Springer

Nashruddin, W. & Nurrachman, D. (2016). The Implementation of Lesson Study in English Language Learning: A Case Study. Dinamika Ilmu, Volume 16(2).

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta

Sumar Hendayana, 2009. Indonesia Center for Lesson Study.Jakarta

Susilo, H. (2007). Apa dan Mengapa Lesson Study Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA. Makalah. Disajikan dalam Seminar Peningkatan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA melalui Lesson Study, di Singaraja, 25 November 2006

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles