Pelaksanaan Lesson Study di Kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jil.v1i2.39271Kata Kunci:
Pelaksanaan Lesson Study, Efektivitas Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bahasa Inggris siswa kelas X Ilmu Budaya dan Bahasa SMA Laboratorium Undiksha. Terdapat 21 siswa di kelas yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini berbentuk kelas observasi. Pengamatan atau obervasi dilakukan oleh dosen pengamat, guru pengamat dan juga rekan penulis. Pengamatan dilakukan ketika proses belajar mengajar belangsung. Pelaksanaan lesson study dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Materi ajar yang digunakan dalam proses lesson study ini adalah materi teks report. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lesson study adalah upaya yang efektif untuk meningkatkan keefektivan dalam belajar bahasa inggris. Tujuan pembelajaran dalam pembelajaran ini dilakukan dengan efektif sesuai dengan manajemen waktu yang telah direncanakan, tetapi masih terdapat beberapa kelemahan yang harus diperbaiki oleh guru dalam pembelajaran berikutnya. Untuk itu, dalam refleksi lesson study akan menjadi sebuah upaya untuk meningkatkan proses belajar mengajar yang akan datang.
Referensi
Allen, D., Donham, R., and Tanner, K. 2004. Approaches to Biology Teaching and Learning: Lesson study – Building Communities of Learning Among Educators. Cell Biology Education. Spring. Vol 3: 001-007.
Bran, L. (2017). What is the Role of Teachers in Modern Learning Organizations?. Retrieved on September 2018. Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education
Brown, H. & McDougal, T. (2011) Exploring the Benefits of Lesson Study. Retrieved from http://lessonstudygroup.net/conference/
Dirjend Dikti. 2009. Panduan Penyusunan Program Perluasan Dan Penguatan Lesson Study
Di LPTK (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education
in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas
Dwi, S., Rahmad, N., Ika, M. (2016). Identification of Teachers’ problems in Indonesia in Facing Global Community
Guiterez, S.B. (2015). Collaborative Professional Learning: Implementing inquiry based teaching through lesson study. Issues in Educational Research, 25(2), 118-134. Retrieved from http://www.iier.org.au/iier25/guiterez.html in Indonesia – LEDIPSTI) Jakarta: Direktorat Ketenagaan Dirjen Dikti Depdiknas
Isoda, M. 2007. Japanese Lesson Study in Mathematics, Its impact Diversity and Potential for Education Development. Singapore:World Scientific Publishing C. Pte. Ptd
Lewis, C. 2002. Does Lesson study Have a Future in the United States? Nagoya Journal of Education and Human Development. January No. 1:1-23.
Lewis, C. 2003. The Essential Elements of Lesson Study. Northwest Teacher. Spring. Vol. 4 No. 3: 6-8.
Lewis, C., Perry, R., Hurd, J., & O‟Connel, M. P. (2006). Teacher collaboration: Lesson study comes of age in North America. Tersedia pada http://www.Lessonresearch.net/LS_06Kappan.pdf. Diakses pada tanggal 15
Murata, A., Hart, L., and Alston, A. 2011. Lesson Study Research and Practice in Mathematics Education. Newyork: Springer
Nashruddin, W. & Nurrachman, D. (2016). The Implementation of Lesson Study in English Language Learning: A Case Study. Dinamika Ilmu, Volume 16(2).
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta
Sumar Hendayana, 2009. Indonesia Center for Lesson Study.Jakarta
Susilo, H. (2007). Apa dan Mengapa Lesson Study Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA. Makalah. Disajikan dalam Seminar Peningkatan Profesionalisme Guru dan Dosen MIPA melalui Lesson Study, di Singaraja, 25 November 2006
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Journal of Innovation and Learning
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.