Improvement Of Morphological Adaptation Materials Students’ Grade 6 Learning in Primary School Outcome Using Digital Comic PBL Based
DOI:
https://doi.org/10.23887/jil.v1i1.44999Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik DigitalAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kurangnya variasi media pembelajaran yang dimiliki oleh guru khususnya pada mata pelajaran IPA sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar IPA siswa (78%). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis PBL. Tujuan penelitian ini untuk menciptakan media komik digital guna meningkatkan hasil belajar materi adaptasi morfologi siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek yang terlibat yaitu 1 ahli materi pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran dan 9 orang siswa, sementara uji efektivitas menggunakan 18 orang siswa. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner, tes dan teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif serta statistik inferensial. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah media komik digital berbasis PBL yang layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil uji validitas dan efektivitas yang dilakukan menunjukkan hasil validitas komik digital menurut subjek uji coba secara berturut-turut sebesar 93%, 93,18%, 95%, 97,5%, dan 95,2% secara keseluruhan memiliki kategori sangat baik sehingga produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Sementara itu hasil perhitungan uji efektifitas yang dilakukan memperoleh hasil thitung sebesar 15,624. Jika dibandingkan dengan ttabel. Harga thitung lebih besar daripada harga ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media komik digital berbasis PBL materi adaptasi morfologi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD.
References
Abarca, R. M. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Di Sekolah Dasar. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 3(4), 2013–2015. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/view/55667
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Alit, K., Adnyani, D., Wibawa, I. M. C., & Margunayasa, I. G. (2021). Alternative Energy Sources on Digital Comic Media. 5(1), 61–70. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/34333/0
Anwar, K., & Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.19366
Astutik, A. F., Rusijono, & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V SDN Geluran 1 Taman. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 543–554. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2894
Citrohn, B., & Svensson, M. (2020). Technology teacher’s perceptions of model functions in technology education. International Journal of Technology and Design Education, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10798-020-09632-8
Darmayanti, N. K. D., & Abadi, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Komik Virtual dalam Muatan Materi Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung Bahasa Indonesia. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 170–179. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/32481
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525
Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158–164.
Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 201–208. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i1.1939
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press
Haris, A. (2022). Proses Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Berbasis Masalah. 6(1), 2413–2421. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2820/2256
Hendratmoko, Taufik, dkk. 2017. “Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara”. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Volume 3, Nomor 2 (hlm.152-157) Tersedia pada http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2382
Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Untuk Siswa Kelas X IPS Di Man 1 Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 135. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7642
Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–35. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/951
Kurniawan, I. K., Parmiti, D., & Kusmariyatni, N. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 80. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28959
Kurniawati, U., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1046–1052. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.843
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911
Magdalena, I., Septiani, A. N., Anisa, T. N., Sabil, F., & N.R, P. (2022). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Evaluasi Pembelajaran Online Menggunakan Kurikulum 2013 Pada SDN Pegadunga 03 Pagi. 2, 1–9. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin/article/view/207/170
Mujahadah, I., Alman, A., & Triono, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas III SD Muhammadiyah Malawili. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 8–15. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.758
Parera, R. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas IV SD/MI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 465, 106–111. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/4529
Pinatih, S. A. C., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Pendekatan Saintifik pada Muatan IPA. 5(1), 115–121.
Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645
Rahmawati, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran CTL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(April), 12–20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/13765
Reflianto, & Syamsuar. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi imdustri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/101343
Resal, A., & Rachman, S. A. (2022). Pengaruh Lingkungan Pendidikan Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. 2(1), 103–111.
Roflin, E dan Zulvia, F.E. 2021. Kupas Tuntas Analisis Korelasi. Jawa tengah: PT Nasya Expanding Management
Sari, Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Komik Ipa Dengan Penanaman Nilai Budai Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 129. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2134
Sofyan, F. A. (2019). Implementasi Hots Pada Kurikulum 2013. Inventa, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803
Suartama, I Kadek. 2016. Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78–84. https://doi.org/10.53696/27219283.64
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 125–136. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPPG/article/view/19178/11327
Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384
Yunia, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Berbasis Nilai Karakter Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makan Untuk Kelas VIII MTs Negeri 1 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung, 4, 9–15. http://repository.radenintan.ac.id/279/
Zahwa, F. A. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Journal of Innovation and Learning
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.