PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • tutut rahmawati rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Abstract

                                   


Abstract

The purpose of this research is to describe teacher activity, student activities and student learning outcomes. Improving motivation to learn science by applying CTL learning model. The variable that became the target of change in this research is the learning motivation of IPA, while the variable of action used in this research is CTL learning model. increased motivation to learn science after held a class action using CTL learning model. It can be shown by the increase of students' learning motivation from before and after action. This data is obtained through Metaalalis from various previous penetillors in the same case that is the application of CTL learning model to improve student learning outcomes.

Keywords: CTL Learning Model, Learning Outcomes

                                         Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran CTL. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar IPA, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran CTL. peningkatan motivasi belajar IPA setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya Motivasi belajar IPA siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Data ini diperoleh melalui Metaanalis dari berbagai penetili sebelumnya menganai kasus yang sama yaitu penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Model Pembelajaran CTL, Hasil Belajar

Downloads

Published

2018-05-04

How to Cite

rahmawati, tutut rahmawati. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13765

Issue

Section

Articles