Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jil.v1i1.27844Kata Kunci:
PBL, Pemahaman Konsep MatematikaAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik melalui model model Problem Based Learning (PBL). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A3 SMP Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 32 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi.. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data kemampuan pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan tes pemahaman konsep berbentuk soal uraian. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik pada tiap siklus. Rata – rata persentase pemahaman konsep matematika pada siklus I, siklus II, dan siklus III secara berturut - turut adalah 74,3%, 81,3% dan 85%. Jadi dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik.
Referensi
Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas. 2003. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
NCTM, 2000. Mathematics Assessment: A Practical Handbook for Grades 6 – 8. USA: LCC
Suharsimi Arikunto. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi Arikunto & Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wijaya Kusumah & Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Innovation and Learning
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.